Dark/Light Mode

Penjualan Ikan Asap Meningkat

Mantap, Resto Apung Seba Binaan Pertamina Beromset Rp 26 Juta

Selasa, 21 Mei 2019 21:52 WIB
Acara peresmian selain dihadiri juga oleh Nur Ahmad Syaifuddin Wakil Bupati Sidoarjo dan perwakilan masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Di acara tersebut Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pertamina Gas selama ini, Senin (22/5). (Foto: Humas Pertamina).
Acara peresmian selain dihadiri juga oleh Nur Ahmad Syaifuddin Wakil Bupati Sidoarjo dan perwakilan masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Di acara tersebut Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pertamina Gas selama ini, Senin (22/5). (Foto: Humas Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - Beroperasinya Resto Apung Seba di Kampung Ikan Asap binaan PT Pertamina Gas (Pertagas) membawa berkah bagi warga sekitar. Selama Ramadhan, omset puluhan juta dihasilkan oleh pengelola.

"Alhamdulillah respon konsumen bagus. Ini sekaligus menandakan bahwa kelompok pengelola Resto Apung Seba memiliki komitmen kuat untuk maju," ujar Wiko Migantoro Direktur Utama Pertagas pada peresmian Resto Apung Seba, Senin (20/5).

Ditambahkan olehnya, sejak soft launching di 29 April 2019 omset Resto telah mencapai Rp 26 juta. Pada acara tersebut, salah satu anggota kelompok perajin ikan asap Siradj mengatakan, sejak Resto Apung dibuka, omset penjualan ikan asapnya meningkat.

"Kami sangat terbantu, karena sejak ada Resto Seba ini penjualan ikan asap kami meningkat," ujarnya. Di sisi lain, Bayu yang tergabung dalam kelompok Resto Seba mengatakan bahwa keberadaan program ini telah membuka lapangan kerja.

Baca juga : Traveloka Gigit Jari

"Khususnya pemuda di Penatarsewu. Saya senang ilmu memasak yang pernah dipelajari di Malaysia bisa saya terapkan untuk memajukan desa," jelasnya.

Pertagas membantu pembangunan resto sebagai salah satu kelanjutan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan di wilayah operasi perusahaan di Jawa Timur.

Dibangun sejak pertengahan tahun 2018, bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan ini pembangunan Resto Apung Seba telah rampung dan siap menyajikan kuliner khas Sidoarjo.

Resto Apung Seba dikelola oleh Kelompok Usaha Resto Apung Seba milik Badan Usaha Milik Desa Penatarsewu. Sebelumnya Desa Penatarsewu telah terkenal sebagai desa penghasil ikan asap.

Baca juga : Tumpang Sari Jahe Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Selama ini warga menjual hasil ikan asap ke pasar atau tengkulak. Kehadiran Resto Apung Seba akan memberikan wadah bagi warga penghasil ikan asap untuk langsung menjual produknya.

“Sejak soft launching resto sudah sebanyak 44 KG ikan asap yg dikirim ke Resto Apung Seba,” ujar Choliq Lurah Penatarsweu yang ditemui di acara peresmian.

Acara peresmian selain dihadiri juga oleh Nur Ahmad Syaifuddin Wakil Bupati Sidoarjo dan perwakilan masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Di acara tersebut Wakil Bupati Sidoarjo menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pertamina Gas selama ini.

Saat ini sebanyak 10% dari total populasi warga usia produktif di Desa Penatarsewu yang terlibat aktif di program CSR Kampung Ikan Asap. Pertagas berharap, kinerja Resto Apung Seba bisa semakin berkembang ke depan.

Baca juga : Melonjaknya Harga Bawang Tak Bikin Petani Kita Kaya

“Kami optimis kehadiran program CSR Pertagas mampu mambawa multiplier efek bagi kelompok masyarakat lainnya,” lanjut Wiko.

Usaha bersama Pertagas dan warga Desa Penatarsewu diharapkan dapat mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, yang nantinya akan berdampak langsung kepada peningkatan perekonomian Desa Penatarsewu. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.