Dark/Light Mode

Top! Tjiwi Kimia Kembali Sabet Penghargaan Primaniyarta Ke-7 Kalinya

Kamis, 21 Oktober 2021 14:17 WIB
Direktur Utama PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Tbk Suhendra Wiriadinata (kanan) menerima penghargaan Primaniyarta untuk kategori Produk Berkelanjutan dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Jakarta, Kamis (21/10). (Foto: ist)
Direktur Utama PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Tbk Suhendra Wiriadinata (kanan) menerima penghargaan Primaniyarta untuk kategori Produk Berkelanjutan dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Jakarta, Kamis (21/10). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) berhasil meraih kembali penghargaan Primaniyarta untuk ke-7 kalinya sejak 2006. Tahun ini, Tjiwi Kimia meraih penghargaan Primaniyarta untuk kategori Produk Berkelanjutan.

Penghargaan yang diberikan berlangsung pada saat peresmian pembukaan Trade Expo Indonesia ke-36 Tahun 2021. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi kepada Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata di Hotel Pullman, Jakarta.

"Kami menyambut baik penghargaan yang diberikan ini. Hal ini merupakan wujud nyata perusahaan dalam menghasilkan produk berkualitas, dan berkelanjutan sehingga dapat diterima oleh pasar internasional," ujar Suhendra.

Baca juga : Beri Dampak Positif Ke Masyarakat, Pertagas Raih Penghargaan Proklim Dari KLHK

Saat ini Tjiwi Kimia mencatatkan sekitar 65 persen produk yang dihasilkan telah di ekspor ke berbagai negara, antara lain negara-negara di kawasan Asia, Afrika, Timur Tengah, Amerika, dan Eropa.

Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2020 volume ekspor pulp dan kertas meningkat 15,37 persen menjadi 12,46 juta ton. Sedangkan berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, pada Januari-Juli 2021, ekspor pulp dan kertas secara nilai, naik 16 persen menjadi 4,2 miliar dolar AS dengan volume 6,7 juta ton. 

Industri ini juga memiliki daya saing yang kuat. Hal ini tercermin dari peringkat industri pulp RI ada di 8 dunia, sedangkan kertas di peringkat 6 dunia.

Baca juga : Kampung Binaan Indah Kiat Sabet Penghargaan KLHK

Guna menghasilkan produk yang berkelanjutan, Tjiwi Kimia juga memastikan rantai pasokan yang berkelanjutan, antara lain 100 persen pasokan kayu pulp berasal dari Hutan Tanaman Industri, memastikan para pemasok kayu memiliki sertifikasi pengelolaan hutan lestari (PHPL-VLK dan PEFC), serta menggunakan recycled fiber dari waste paper.

"Selama lebih dari 40 tahun, kami terus berinovasi untuk menawarkan produk kertas, dan kemasan yang berkualitas, dan berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan dunia yang terus berubah," tambah Suhendra.

Penghargaan Primaniyarta adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi. Penghargaan yang telah diselenggarakan sejak tahun 1992 ini diharapkan dapat berperan sebagai salah satu pendorong bagi para pelaku usaha untuk terus meningkatkan prestasinya dalam bidang ekspor. [DIT]

Baca juga : Kemenko PMK Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.