Dark/Light Mode

Komitmen Kesetaraan Gender

Dirut Pertamina Sabet Asia-Pacific Women Empowerment Principles 2021

Selasa, 2 November 2021 15:44 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komitmen PT Pertamina (Persero) untuk meningkatkan kiprah dan peran perempuan dalam perusahaan dan masyarakat kini berbuah pengakuan internasional. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati meraih penghargaan Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) 2021 dalam kategori Leadership Commitment.

Nicke Widyawati sebagai Chief Executive Officer (CEO) Pertamina diakui dunia telah berperan penting dalam mewujudkan komitmen yang kuat dari perusahaan untuk mendorong hadirnya kebijakan, peraturan atau praktik yang bertujuan memajukan kesetaraan gender di tempat kerja.

Baca juga : Promosikan Kesetaraan Gender, Telkom Raih Penghargaan UN Women

Pertama, dalam kategori Leader Commitment, Nicke dinilai telah membuktikan komitmennya sebagai pemimpin perusahaan yang mempunyai peran dan tanggung jawab spesifik untuk memajukan kesetaraan gender di lingkungan perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase perempuan yang menduduki posisi manajemen di perusahaan. Melalui komunitas Pertiwi (komunitas pekerja wanita Pertamina), Pertamina telah menjalankan program aksi edukasi dan sosialisasi mengenai kesetaraan gender. 

Kedua, Nicke memastikan pentingnya kesetaraan gender untuk pertumbuhan bisnis. Melalui Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Pekerja tegas tertulis, Perusahaan memastikan tidak ada diskriminasi dalam pengembangan karier maupun rekrutmen SDM, pemberlakukan ketentuan cuti hamil dan cuti bagi pekerja pria saat istri melahirkan, mengakomodir penyeimbangan antara kepentingan keluarga pekerja dan pekerjaan. Selain itu, Pertamina juga aktif mempromosikan peran perempuan baik di lingkungan rumah maupun di pekerjaan, memastikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan pekerja baik perempuan maupun laki-laki, memastikan lingkungan kerja bebas dari kekerasan, pelecehan dan eksploitasi seksual (zero harassment) serta mendorong kesadaran di tingkat masyarakat dalam kesetaraan gender. 

Baca juga : Bangkitkan Kemandirian Santri, Pertamina Lubricants Dan Kemenaker Gelar Pelatihan Otomotif

Ketiga, Nicke juga terus mendorong peran perempuan dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui usaha kecil. Hal ini diwujudkan melalui program kemitraan dengan membina 22 ribu perempuan pengusaha UMKM disertai pendampingan dan pelatihan.  Sebanyak 4.126 pengusaha perempuan diantaranya bergabung dalam Rumah BUMN Pertamina. Bahkan, Pertamina telah sukses mengantarkan 672 pengusaha perempuan mengembangkan pasar di dalam maupun luar negeri. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.