Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Jokowi Resmikan Tol Serang-Rangkasbitung

Selasa, 16 November 2021 11:16 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: ist)
Presiden Jokowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmikan meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung. Keberadaan tol ini akan meningkatkan pengiriman logistik.

Jokowi ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Jokowi mengenakan setelan baju kemeja putih lengan putih dan celana panjang hitam. Tidak lupa memakai helm proyek berwana putih.

Baca juga : Beratnya 700 Kg, Diarak Warga Ke Atas Gunung

Sebelum meresmikan, dia berkeliling di tempat peresmian. Dia juga mendengarkan penjelasan soal proyek tersebut. Setelah itu, Jokowi langsung pergi ketempat peresmian.

Jokowi mengatakan, keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang akan memperbaiki jaringan logistik, karena memudahkan distribusi barang di wilayah tersebut.

Menurutnya, infrastruktur adalah fondasi bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain. Menurutnya, tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain jika index competitiveness lebih rendah.

Baca juga : Presiden Jokowi Hadiahi Menlu Selandia Baru Noken Papua

"Kalau infrastruktur kita siap, artinya barang-barang kita juga akan menjadi terdistribusi lebih baik dan bisa menjadi lebih murah. Artinya infrastruktur ini akan memperbaiki jaringan logistik," ujar Jokowi.

Tol Serang-Panimbang dibagi menjadi tiga seksi yang terbentang sepanjang 83,67 Km dengan pembagian seksi I dan II atau Serang-Cileles sepanjang 50,67 Km dan seksi III Cileles-Panimbang sepanjang 33 Km.

Pembiayaan tol berasal dari sindikasi perbankan senilai Rp 8,58 triliun khusus untuk dua seksi pertama. Lalu untuk seksi III berasal dari konstruksi pemerintah dengan biaya mencapai Rp 4,6 triliun.

Baca juga : Tutup Peparnas, Jokowi Sanjung Kesuksesan Tuan Rumah Papua

Investor utama proyek adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk dan sindikasi bank terdiri dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Bank Panin Dubai, dan lain-lain. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.