Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kebiasaan Buruk Ini Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan dan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Sabtu, 4 Desember 2021 18:42 WIB
Kebiasaan Buruk Ini Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan dan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebiasaan menghisap jari, menggigit kuku, minum susu memakai dot dan jarang menyikat gigi akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang rahang dan gigi anak.

Hal tersebut dikatakan oleh Dr.drg. Johan Arief Budiman, Sp.Ort dan Steward, S.K.G,  pada acara webinar yang digelar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) bersama murid, guru dan orang tua sekolah TK Al-Hidayah 2 Kelapa Gading pada kamis (2/12).

Berita Terkait : Indonesia-Australia Selaraskan Kegiatan Penguatan Kesehatan Hewan Nasional

Menurut drg Johan, kebiasaan yang dilakukan oleh anak saat golden age atau usia 0-6 tahun, akan mempengaruhi kesehatan gigi dan tumbuh kembang rahangnya. Untuk itu setiap orang tua atau guru perlu mengetahui informasi yang benar mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dapat mempengaruhi susunan gigi serta kesehatan gigi dan mulut anak atau muridnya sehingga gigi dan gusi anak menjadi sehat .

"Kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan FKG Universitas Trisakti merupakan salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bekerjasama dengan sekolah", kata Ketua panitia PkM kali ini, drg. Olivia Nauli Komala, Sp.Perio.

Berita Terkait : Berikan Layanan Asuransi dan Kesehatan Digital, AXA Luncurkan Emma

"Dengan kegiatan ini, kami berharap agar para guru dan orang tua dapat menyadari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh anak yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulutnya sehingga masalah gigi dan mulutnya dapat dicegah, " jelas drg. Olivia.

Dengan tema " Penyuluhan tentang Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Susunan Gigi serta Kesehatan Gigi dan Mulut" drg Olivia mengajak, guru, orang tua dan murid untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi, karena hal tersebut dapat selain mempengaruhi pertumbuhan, kesehatan anak juga prestasi murid saat bersekolah.

Berita Terkait : Menko Luhut Dapat Baret Kehormatan Hidro Oseanografi TNI AL

Sementara itu pemilik sekolah TK Al-Hidayah 2, Reti Indaryanti mengucapkan terimakasih atas kegiatan PkM yang dilaksanakan FKG Universitas Trisakti, karna informasi ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi guru, orang tua juga murid. "Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan agar guru, orang tua, wali dan murid dapat mengurangi, bahkan menghilangkan kebiasaan buruk sehingga gigi bersih sekolah berprestasi" harap Reti Indaryati.

PkM kali ini diketuai oleh drg. Olivia Nauli Komala, Sp.Perio yang beranggotakan  Drg. Dewi Liliany Margaretta, M.Kes; Dr. drg. Johan Arief Budiman, Sp.Ort; drg Ferry Sandra. Ph.D serta alumni dari FKG Usakti, yaitu Drg. Fergy Christin Maitimu, MM, Sp.Perio. Selain itu PkM ini dibantu juga oleh beberapa mahasiswa kedokteran gigi, yaitu Yesika Natania, S.K.G, Steward, S.K.G, Evan Dwipa Putra, S.K.G, dan Leo Alberto Porjo, S.K.G. [ARM]