Dewan Pers

Dark/Light Mode

FKG Usakti Berikan Tips Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi COVID-19 Pada Inspiring Share Community

Sabtu, 15 Januari 2022 10:39 WIB
FKG Usakti Berikan Tips Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi COVID-19 Pada Inspiring Share Community

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Universitas Trisakti (Usakti) kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) kepada Inspiring Share Community (ISC) dalam bentuk pelatihan kepada 30 orang anggota komunitas secara daring pada Sabtu, (8/1) lalu.

Ketua PkM drg. Goalbertus, M.M., M.K.M, mengatakan pentingnya edukasi kepada anggota ISC karena komunitas ini bergerak dalam bidang sosial dan di masa pandemi inu, mereka banyak membatu masyarakat. Namun karena latar belakang anggota komunitas yang bukan dari bidang kesehatan membuat mereka merasa belum memiliki pengetahuan serta keterampilan yang cukup untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Oleh sebab itu pada PkM kali ini, FKG Usakti memberikan Pelatihan Menjaga Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi COVID-19 kepada anggota komunitas.

Menurut drg. Goalbertus, yang juga dosen FKG Usakti berharap ISC dapat menjadi perpanjangan tangan dari para tenaga kesehatan untuk dapat mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat khususnya mereka yang membutuhkan.

Berita Terkait : Olahraga Dan Asupan Gizi Seimbang, Cara Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Pada PkM kali ini beranggotakan drg. Yayuk Yuliarsi, M.S., Dr. drg. Meini Faudah Amin, Sp.KG(K), drg. Andrian Nova Fitri, Sp.PM, drg. Astrya Fitryanur, drg. Jessica Purnadjaja, dan dibantu oleh tiga orang mahasiswa serta tim IT. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yang dibawakan oleh drg. Yayuk Yuliarsi, M.S., dan Dr. drg. Meini Faudah Amin, Sp.KG(K) membahas tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19, sedangkan pelatihan sesi kedua yang dibawakan oleh narasumber dari luar yaitu dr. Har Yudha, M.K.M, dengan mengangkat tema “Makan Sehat, Jalan Sehat, dan Pikir Sehat”.

Dalam paparannya, drg. Yayuk menyebutkan bahwa gigi berlubang dan penyakit periodontal merupakan masalah yang paling sering dialami oleh masyarakat di dunia termasuk di Indonesia, sedangkan drg. Meini menyatakan bahwa mulut dapat menjadi gerbang masuknya penyakit ke dalam tubuh. Oleh sebab itu menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut merupakan salah komponen penting dalam upaya pencegahan COVID-19 saat ini.

Selain itu drg Meini juga menekankan bahwa di samping menyikat gigi secara rutin dua kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam, kita juga sebaiknya menyikat gigi setelah selesai beraktifitas di luar rumah. Pada pelatihan kali ini drg. Meini juga mengajarkan cara menyikat gigi dengan metode yang baik dan benar. Kondisi pandemi yang tidak menentu hingga saat ini memaksa masyarakat untuk dapat hidup berdampingan dengan COVID-19 selama beberapa waktu ke depan.

Berita Terkait : HUT Ke-31, Guardian Berikan Penghargaan Pada Tokoh Inspirasional

Sementara itu dr. Har Yudha menyatakan bahwa semua orang harus bisa menerapkan makan sehat, jalan sehat, dan pikir sehat dalam kehidupan sehari-hari. Makanan yang segar, rendah gula serta makan dengan interval waktu yang benar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal seseorang. Pada pelatihan ini dr. Har Yudha juga mengajarkan cara sederhana untuk screening obesitas yang bisa dilakukan dengan mudah, komposisi olahraga yang baik dan benar, serta cara mendeteksi tingkat kecemasan yang dimiliki oleh seseorang.

Selain pelatihan, lanjut drg.Goalbertus, tim PkM FKG Usakti juga memberikan flyer edukasi kesehatan siap pakai yang dapat digunakan oleh komunitas untuk mengedukasi masyarakat pada kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Ketua ISC, Yani Indrawati menyatakan bahwa pelatihan kali ini sangat bermanfaat bagi komunitas mereka dan dapat menjadi bekal bagi ISC untuk bisa mengedukasi masyarakat secara luas terkait pola hidup sehat khususnya di masa pandemi COVID-19. [ARM]