Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dosen Universitas Mercu Buana Bantu Digitalisasi UMKM di Tangerang

Jumat, 18 Februari 2022 18:26 WIB
Dosen Universitas Mercu Buana Bantu Digitalisasi UMKM di Tangerang

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna membangkitkan kembali pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpuruk karena pandemi covid-19. Universitas Mercu Buana Jakarta bekerjasama dengan Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang dalam melakukan webinar pelatihan UMKM dengan tema "Digitalisasi UMKM" secara virtual (16/2).

Ketua Program Studi S1 Akutansi Universitas Mercu Buana, Hari Setiyawati mengatakan materi pelatihan yang disampaikan para dosen kepada pelaku UMKM diharapkan dapat terus berlanjut dalam pendampingan usaha di masa mendatang.

Baca juga : Universitas Budi Luhur Bersama Alumni Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana Alam

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tridarma universitas melalui Pengabdian Kepada Masyarakat yang wajib dilakukan dosen selain pengajaran dan penelitian. Sejumlah Universitas Mercu Buana dosen yang memberikan materi pelatihan mengenai Digitalisasi UMKM adalah Veronica Setiawan yang mempresentasikan tentang Perencanaan dan Pengendalian dalam Peningkatan Produktivitas UMKM.

Muhammad Laras mempresentasikan tentang Whatssapp Business untuk digitalisasi UMKM. Anna Christin Silaban mempresentasikan tentang Peningkatan Penjualan UMKM Menggunakan Green Product.

Baca juga : Sun Life Melalui UNICEF, Bantu Vaksinasi di Indonesia dan Vietnam

Sofyan Halim yang mempresentasikan tentang Membangun Bisnis secara Digital Berbasis Akad-Akad Syariah kepada Pengusaha dan Pelaku UMKM. Siska Widia Utami mengenai Pengelolaan Keuangan bagi UMKM Lalu Rona T.M.C. Simorangkir mempresentasi mengenai Digitalisasi Pembukuan UMKM, Suri Mahrani mempresentasikan tentang Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM.

Feber Sormin mempresentasikan tentang Sosialisai perhitungan PPh WP OP UMKM (UU HPP No. 7 tahun 2021) dan Deden Tarmidi mempresentasikan tentang Online tax service explanation for UMKM. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini juga diikuti oleh pemilik UMKM di kota Tangerang dan mahasiswa serta Musokib selaku Kasi Data dan Peningkatan Kualitas SDM Usaha Mikro serta Irfan Hardiansyah selaku kasi peningkatan daya saing.

Baca juga : Punya Jaringan Organisasi Luas, Jokowi Yakin Digitalisasi NU Bisa Go Global

Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Pemkot Tangerang, Hastuti Handayani mengatakan dampak dari pandemi membawa sektor informal UMKM yang menyebabkan turunnya permintaan signifikan, UMKM yang berskala mikro dan kecil menjadi terpuruk, ruang gerak terbatas membuat UMKM sulit memasarkan produknya.

Dengan adanya kerjasama dengan Universitas Mercu Buana maka pemerintah dapat memitigasi cepat, berupa adanya stimulus pada UMKM dalam rangka mendorong usaha UMKM yang mati suri. Pemerintah Kota Tangerang memiliki program kebijakan untuk UMKM di masa pandemi yaitu peningkatan kompetensi UMKM, pendampingan teknologi dan informasi pada UMKM. "Ada juga peningkatan melalui Bank dan nonbank melalui pola Pembiayaan, dan bantuan stimulus "ayo bisa pemda Kota Tangerang" tambahnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.