Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Gandeng Kemenkop UKM

Akurindo Pamerkan Produk UMKM Terbaik Di KTT G20

Minggu, 13 November 2022 21:55 WIB
Pameran MSP Expo Amazing Bali For G20 yang digelar Akurindo) dan Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP), di Bali. (Foto: Akurindo)
Pameran MSP Expo Amazing Bali For G20 yang digelar Akurindo) dan Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP), di Bali. (Foto: Akurindo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) dan Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP) menyelenggarakan pameran UMKM bertajuk “MSP Expo Amazing Bali For G20”, di Hotel Pullman Kuta, Legian Bali. Acara tersebut diselenggarakan selama 3 hari, mulai tanggal 13 hingga 15 November 2022.

Pameran MSP Expo 2022 bertujuan untuk mengangkat UMKM dan produk Indonesia ke dunia internasional dengan memanfaatkan momentum acara KTT G20 yang berlangsung di Bali.

Hadir dalam pembukaan “MSP Expo Amazing Bali For G20” Kepala Dinas Disperindag Bali I Wayan Jarta. Dalam sambutannya, I Wayan mengapresiasi kolaborasi antara Akurindo dengan Pemprov Bali yang akan membawa angin segar dalam pertumbuhan UMKM Indonesia, khususnya Bali.

Baca juga : Kapolri Pastikan Siapkan Antisipasi Serangan Siber Di KTT G20

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melalui video sambutannya mengatakan, acara MSP Expo Amazing Bali For G20 sangat baik karena melibatkan para pelaku UMKM dari berbagai side event, venue, dan showcase G20 guna memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk UMKM inovatif Indonesia.

“Kementerian Koperasi dan UKM tidak bisa berjalan sendiri dalam memajukan UMKM Indonesia. Maka, perlu adanya sinergi dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah Akurindo yang diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra UMKM,” ujar Teten.

Menyambut hal tersebut, Ketua Umum Akurindo Izedrik Emir Moeis menegaskan, pihaknya akan membantu Pemerintah dalam mendorong dan meningkatkan ekonomi Indonesia melalui acara-acara pameran produk dan promosi di media digital yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM Indonesia.

Baca juga : Ramaikan G20, Kemenkop UKM Siap Pamerkan Future SMEs Village Produk Indonesia

“Setiap perubahan zaman selalu ada peluang bagi UMKM. Karena itu, UMKM harus bisa menghadapi tantangan dan menjadikan itu sebagai sebuah peluang. Akurindo akan membantu UMKM di seluruh Indonesia agar mampu menangkap peluang di pasar online dan kita dorong mereka aga bisa naik kelas,” tegas Emir.

MSP Expo Amazing Bali For G20 diikuti lebih dari 30 UMKM dari seluruh Indonesia. Mulai dari UMKM dengan produk kerajinan tangan, batik, mutiara, sampai makanan. Para pelaku UMKM sangat antusias dalam mengikuti gelaran tersebut. Menurut mereka, inilah moment untuk menunjukkan kepada dunia bahwa UMKM Indonesia masih tetap survive.

“MSP Expo Amazing Bali For G20 merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku UMKM binaan Akurindo setelah lama lesu karena pandemi Covid-19. Sehingga ke depan pelaku UMKM harus makin kreatif dan memperkuat jaringan,” ungkap Ketua Akurindo Yunita Rebeca Marbun.

Baca juga : Kemendagri Minta Pemda Anggarkan Pembiayaan Energi Terbarukan di RAPBD 2023

Akurindo dan Koperasi MSP telah berhasil menyelenggarakan pameran berskala nasional dan internasional. Di antaranya MSP Expo 2016 bertemakan “Indonesia Gift” pada Desember di Gedung SMESCO, Jakarta; MSP EXPO 2017 bertema “The Authentic Taste of Indonesia” di Balai Kartini, Jakata; MSP Expo 2018 “Amazing Bali” bertepatan dengan acara annual meeting IMF – World Bank Group 2018; terbaru MSP Expo 2022 “Amazing Bali For G20” bertepatan dengan pertemuan pemimpin negara-negara G20.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.