Dark/Light Mode

Ramaikan G20, Kemenkop UKM Siap Pamerkan Future SMEs Village Produk Indonesia

Jumat, 11 November 2022 20:44 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) di acara Opening Ceremony side event G20 di Bali, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) di acara Opening Ceremony side event G20 di Bali, Jumat (11/11). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melalui program Future SMEs Village: Local Wisdom For Global Sustainability, turut menyemarakkan jelang gelaran G20 di Bali.

Dalam penyelenggaraannya, Kemenkop UKM menggandeng lebih dari 40 stakeholder mencakup kementerian/lembaga, BUMN, asosiasi, swasta, serta melibatkan lebih dari 300 pelaku UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, Future SMEs Village menjadi momentum bagi koperasi dan UMKM agar dapat beradaptasi dengan isu-isu strategis saat ini.

Baca juga : Jelang KTT G20, Bandara Juanda Siapkan 17 Stand Parkir Pesawat

“Bertepatan dengan Presidensi G20 Indonesia, dapat dijadikan sebagai momentum bersama dalam mendorong UMKM memperluas akses pasar dan masuk ke rantai pasok global. Khususnya bagi pelaku UMKM di Bali yang selama ini sangat terdampak pandemi," jelasnya dalam Opening Ceremony side event G20 bertajuk Future SMEs Village: Local Wisdom For Global Sustainability di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Jumat (11/11).

Isu pengembangan UMKM lanjut Teten, saat ini telah menjadi hal yang sangat strategis baik dalam lingkup regional maupun internasional.

Bahkan dalam forum G20, UMKM menjadi salah satu crosscutting issue yang sangat strategis dan dibahas di berbagai working group serta engagement group.

Baca juga : Utamakan TKDN, KAI Raih Penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022

Future SME Village ini diharapkan dapat menjadi katalis dan pendorong bagi keberlanjutan pertumbuhan UMKM Indonesia serta peningkatan investasi pada UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80 persen investor global berasal dari negara-negara G20.

"Ke depan, saya berharap UMKM Indonesia dapat terus menggerakkan ekonomi lokal dan nasional serta menciptakan pemulihan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan," katanya.

Future SME Village sambung Teten, didedikasikan untuk delegasi dan masyarakat agar dapat menikmati Future SMEs atau UMKM Masa Depan yang terbagi dalam 5 kategori yaitu Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, Future Food, dan Future Wellness.

Baca juga : Kemenkes Percepat Produksi Dokter Spesialis di Indonesia

Selanjutnya berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menghadirkan house of craft yang merupakan rumah bagi produk-produk kerajinan tangan lokal, mulai dari produk perabotan rumah tangga, aksesori, hingga fesyen.

Para pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan tradisional dan rempah-rempah Indonesia, yang menjadi bagian dari warisan budaya bangsa, yang dikemas menarik dan otentik untuk memberikan original experience kepada para pengunjung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.