Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anwar Paham Betul, Soal TKI Banyak Lukai Hati Rakyat Indonesia

Senin, 9 Januari 2023 18:24 WIB
PM Malaysia Anwar Ibrahim dan Chairman CT Corp Chairul Tanjung dalam acara CT Corp Leadership Forum di Auditorium Bank Mega, Jakarta, Senin (9/1). (Foto: Firsty Hestyarini/RM)
PM Malaysia Anwar Ibrahim dan Chairman CT Corp Chairul Tanjung dalam acara CT Corp Leadership Forum di Auditorium Bank Mega, Jakarta, Senin (9/1). (Foto: Firsty Hestyarini/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengaku punya kedekatan emosional, yang terbangun sejak lama, dengan Indonesia.

"Dalam menghadapi liku-liku hidup, getir, dan pasang surut. Yang lebih banyak surutnya daripada pasangnya, saya tidak pernah merasa terasing di Indonesia. Dari tingkat Presiden hingga rakyat biasa, begitu menganggap saya," ungkap Anwar dalam acara CT Corp Leadership Forum di Auditorium Bank Mega, Jakarta, Senin (6/1).

Baca juga : Punya Pengalaman Di Level Internasional, Erick Thohir Dinilai Layak Pimpin Indonesia

Anwar menuturkan, sejak masa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, sejumlah tokoh Indonesia seperti Fahmi Idris, Chairul Tanjung dan lainnya menyebutnya sahabat sejati.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Joko Widodo, yang memberikan penghormatan kepada saya, mengundang saya ke sini secara resmi. Beliau juga memberikan sambutan yang sangat hangat," ucap Perdana Menteri kelahiran 10 Agustus 1947 ini.

Baca juga : Relawan Pasang Badan Soal Logo Baznas Bantuan Dari Ganjar

Dalam pertemuan dengan Jokowi, Anwar membicarakan banyak hal. Yang intinya, memastikan hubungan bilateral RI-Malaysia terus berlanjut dengan baik. Membahas hal-hal yang sekian lama menggantung. Termasuk, permasalahan yang amat melekat dan melukai hati rakyat Indonesia, yakni soal TKI.

"Saya jawab kepada Jokowi, saya ini juga dari orang yang tersisih dan terbuang. Lebih mengerti arti keadilan, pemerataan, keadilan sosial. Jadi sekarang menjadi tanggung jawab saya. Ini bukan soal memihak kepada Indonesia atau Malaysia. Kita berpihak pada prinsip keadilan dan kemanusiaan atau karomah insaniyah," papar Anwar.

Baca juga : Ini Kata Kepala BRIN, Soal Polemik Badai Dahsyat 28 Desember 2022

"Jadi, saya ingin memberi jaminan di sini. Di depan para menteri dari Malaysia, juga duta besar, untuk menyatakan bahwa Insya Allah dengan perubahan politik atau political landscape di Malaysia, kita akan menyaksikan suatu peningkatan hubungan bilateral, serumpun, yang belum pernah dicatat sebelum ini," tegas Perdana Menteri Malaysia ke-10 ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.