Dark/Light Mode

Lestarikan Hewan Langka, Taman Safari Bogor Kenalkan Komodo ke Masyarakat

Sabtu, 10 Juni 2023 20:38 WIB
Lestarikan Hewan Langka, Taman Safari Bogor Kenalkan Komodo ke Masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - Taman Safari Bogor kembali turun gunung melakukan kampanye penyelamatan dan pelestarian satwa asli Indonesia yakni Komodo (Varanus komodoensis). Kali ini, kampanye pelestarian satwa dilakukan di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan pelespasliaran satwa Komodo ke Taman Nasional Wae Wuul, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, yang rencananya akan dilakukan pada awal Agustus 2023 mendatang.

Baca juga : Boyolali Kejar Inovasi Dengan Tingkatkan Kegemaran Membaca Masyarakat

"Kegiatan pengenalan satwa Komodo ini kami lakukan sebagai rangkaian kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023. Pelepasliaran Komodo rencananya akan kami lakukan Agustus 2023. Ini adalah hasil kerja sama PT Smelting, BBKSDA NTT dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI,” ungkap Group Head of Life Sciences Taman Safari Indonesia, drh. Bongot Huaso Mulia, MSc., Sabtu (10/6).

Kegiatan pengenalan satwa Komodo ini mendapat perhatian serius dari masyarakat Bogor Raya. Selain mengisi kuisioner, masyarakat Bogor khususnya anak-anak juga terlihat asyik melihat replika satwa Komodo yang dibawa oleh Tim Edukasi Taman Safari Bogor.

Baca juga : Sisa Jabatan 3 Bulan Lagi, Kang Emil Pamitan Ke Warga Bogor, Ini Pesannya

“Yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah Taman Safari Bogor bukan hanya tempat rekreasi keluarga. Tapi, Taman Safari Bogor juga merupakan lembaga konservasi dan penyelamatan satwa-satwa langka yang merupakan pilar utama kami,” ungkap General Manager Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, Sabtu (10/6).

Emeraldo mengatakan, empat pilar utama Taman Safari Bogor yang paling fundamental adalah konservasi satwa. “Selain juga, edukasi, riset serta penelitian dan yang terakhir baru rekreasi,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.