Dark/Light Mode

5 Tips Memilih Router Wi-Fi Sim Card, Cek Dulu Yuk

Senin, 26 Juni 2023 16:55 WIB
Perlu diketahui beberapa hal sebelum membeli Router Wi-Fi Sim Card. (Foto: Ilustrasi TP-Link)
Perlu diketahui beberapa hal sebelum membeli Router Wi-Fi Sim Card. (Foto: Ilustrasi TP-Link)

RM.id  Rakyat Merdeka - Era digital ini telah mendorong peningkatan penetrasi internet secara masif.

Berdasarkan survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) 2023, penetrasi internet di Indonesia telah menembus 215.626.156 jiwa dari total populasi yang sebesar 275.773.901 jiwa atau mencapai 78,19 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan internet menjadi kebutuhan yang krusial untuk masyarakat di Indonesia. Selain itu, APJII dalam laporan terpisah berjudul “Profil Pengguna Internet 2022" menjelaskan, kelompok masyarakat paling banyak terhubung ke internet berada di usia 13-18 tahun, yakni mencapai 99,16 persen.

Kemudian, disusul sebesar 98,64 persen dari kelompok masyarakat usia 19-34 tahun dan 87,3 persen dari kelompok masyarakat usia 35-54 tahun.

Baca juga : Tips Membangun Pondasi Literasi Digital Pada Anak

Dari laporan yang sama, 89,03 persen masyarakat menggunakan handphone/tablet untuk mengakses internet.

Lebih lanjut, sebanyak 98,02 persen masyarakat menggunakan internet untuk mengakses media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Telegram, Line, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Melihat tingginya penggunaan internet di Indonesia, maka pentingnya tersedia perangkat yang baik untuk menunjang aktivitas berselancar di internet. Salah satu perangkat terkini yang dapat digunakan adalah 4G LTE Router.

Bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, router ini dibutuhkan untuk mempercepat akses internet kapan saja dan di mana saja.

Baca juga : SiM Keliling Kabupaten Bogor 1 Maret, Cek Di Sini Lokasinya

Tips Memilih 4G LTE Router yang Tepat

Terdapat lima hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli 4G LTE Router. Pertama, pilihlah 4G LTE Router yang dapat digunakan oleh semua operator agar bebas memilih menggunakan sim card.

Kedua adalah jumlah penggunanya, karena tiap 4G LTE Router berbeda. Ketiga, mode router, harus dipastikan apakah router tersebut dapat digunakan sebagai wireless router maupun sebaliknya.

Selanjutnya keempat yaitu after sales. Pembeli harus memastikan agar dapat berkonsultasi terkait produk maupun klaim garansi dengan mudah setelah pembelian. Kelima adalah paket penjualan.

Baca juga : 5 Lokasi SIM Keliling Jakarta 28 September, Cek Disini Yuk...

Marketing Manager TP-Link Danny D Gunawan mengatakan, beberapa 4G LTE Router dijual dengan sistem bundling/locked dengan satu operator lain.

Danny menambahkan, TP-Link menghadirkan dua produk 4G LTE Router, yakni TP-Link TL-MR100 dan Mercusys MB110-4G.

"Kedua produk ini hadir untuk menjangkau masyarakat luas dengan harga yang terjangkau, namun tetap terjamin kualitasnya," ujar Danny dalam keterangannya, Senin (26/6).

Fitur yang dimiliki yakni plug & play hanya perlu memasukkan kartu SIM 4G/3G operator apapun. Kemudian, masyarakat bisa menikmati 4G Network dapat digunakan hingga 32 perangkat dengan kecepatan hingga 150 Mbps.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.