Dark/Light Mode

Tips Membangun Pondasi Literasi Digital Pada Anak

Selasa, 20 Juni 2023 08:06 WIB
Membangun pondasi literasi digital pada anak penting dan menjadi perhatian orangtua. (Ilustrasi Istimewa)
Membangun pondasi literasi digital pada anak penting dan menjadi perhatian orangtua. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Literasi digital adalah sebuah kemampuan untuk memahami dan juga menggunakan informasi dari banyak sumber yang bisa diakses lewat komputer dan perangkat canggih lainnya.

Sangat penting di zaman sekarang dengan dukungan teknologi yang canggih untuk mengajarkan anak literasi digital.

Narablog yang concern pada dunia parenting berpendapat, Shafira Adina mengatakan, sesungguhnya literasi digital tidak hanya punya kaitan erat dengan teknologi saja tapi juga kemauan untuk belajar, mampu berpikir kritis hingga kreatif dan juga inovatif di dunia digital.

Baca juga : Investor China Minta Dukungan Airlangga

Karena semuanya serba digital, tentu sangat penting mendukung teknologi dengan jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia.

“Sebagai orang tua sudah sewajarnya berupaya supaya bisa meningkatkan kemampuan literasi digital pada anak, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan,” jelas Shafina dalam keterangannya, Selasa (20/6).

Dan berikut tips dari Shafira membangun pondasi literasi digital pada anak di zaman era teknologi.

Baca juga : Pekan Literasi Digital: Semakin Cakap Di Media Sosial

1. Ajarkan Anak untuk Menahan Pandangan

Hal pertama yang patut dipegang bersama, bahwa mempersiapkan anak masuk ke dunia digital bukan berarti harus memberikannya gadget sejak bayi.

Namun, mengajarkan anak jika penggunaan gadget ada waktunya dan memiliki batasan untuk itu. Akses internet perlu dibatasi untuk mencegah anak melihat situs yang tidak diinginkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.