Dark/Light Mode

Tips Memilih Selang Air Sesuai Fungsinya

Kamis, 3 Maret 2022 15:12 WIB
Selang air untuk menyiram tanaman (Foto: Gemuk)
Selang air untuk menyiram tanaman (Foto: Gemuk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selang air memiliki beragam jenis. Setiap jenis memiliki kegunaan masing-masing. Sedikitnya ada empat macam selang air yang paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Owner Brand Gemuk, Cheng Pan, menerangkan, macam-macam selang air yang sering dicari konsumen. Antara lain selang air transparan. Selang ini berwarna putih transparan, sehingga terlihat aliran air di dalam selang. 

Pada umumnya, selang air transparan ini terbuat dari bahan PVC dan sangat elastis. Selang transparan seperti ini sering digunakan untuk akuarium dalam mendistribusikan air dari pompanya. 

Baca juga : Mau Tunda Pemilu? Silakan Aja, Ini Konsekuensinya..

Jenis selanjutnya, yakni selang air plastik. Cheng Pan menyebut, selang air ini terbuat dari campuran karet dan PVC. Teksturnya lebih tebal dan keras namun elastis dan ukuran diameternya lebih besar dari selang air transparan. “Biasanya selang ini tersedia dalam berbagai pilihan warna,” ungkapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (3/3).

Pada ukuran lebih besar, selang ini digunakan untuk keperluan pengairan air pada tanaman di kebun. Ketebalan bahannya tahan terhadap jenis cuaca ekstrem dan goresan ringan benda di sekitarnya. “Selang air plastik ini tersedia dalam macam-macam ukuran,” tambah Cheng Pan. 

Ada pula selang air spiral yang digunakan untuk pembuangan air bertekanan tinggi. Selang air spiral ini terbuat dari paduan bahan PVC lunak dan keras. 

Baca juga : Survei Capres Pilihan Nahdliyin, Gus Muhaimin Teratas

Lalu, ada selang air panas yang dibuat dari bahan khusus tahan air bersuhu dan bertekanan tinggi. Selang jenis ini bisa tahan terhadap suhu air yang mencapai 200 derajat celcius.

Bermacam-macam selang akan dipilih sesuai dengan kegunaannya. Cheng Pan menerangkan, saat ini banyak brand lokal yang telah memiliki kualitas terbaik. Brand Gemuk yang telah berdiri sejak 2019 menjual peralatan rumah dan perkebunan, khususnya selang air. 

“Tersedia pula selang gas LPG hingga 3 lapis dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selang gas yang diproduksi memiliki keunggulan antibocor dan tahan gigitan tikus karena berbahan tebal,” tandasnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.