Dark/Light Mode

Nikuba Bakal Jadi Perhatian Di Ajang IREIS 2023

Senin, 2 Oktober 2023 10:43 WIB
Nikuba adalah alat yang mampu menyulap air menjadi bahan bakar yang mampu menggerakkan motor. (Foto : Ist)
Nikuba adalah alat yang mampu menyulap air menjadi bahan bakar yang mampu menggerakkan motor. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain untuk menggerakkan turbin, air juga ternyata bisa dikonversi menjadi energi listrik yang dapat menggerakan kendaraan bermotor. Produk yang sempat viral menggunakan air adalah Nikuba. Alat ini sempat diaplikasikan pada sepeda motor seorang anggota TNI. 

Lina, pengamat energi terbarukan, yang juga selaku ketua panitia penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023, mengatakan motor milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menggunakan bahan bakar air untuk energinya.

"Motor itu pun menjadi sangat viral dan cukup banyak mendapat dukungan dari beberapa pihak. Aryanto Misel, salah satu warga Cirebon yang  menemukan alat pengubah air menjadi energi ini, melabeli produknya dengan sebutan 'Nikuba' atau singkatan dari 'Niku Banyu'," ungkap Lina dalam keterangan tertulisnya pada Senin (2/10).

Baca juga : Sifa Nur Tambah Emas Indonesia Di Asian Games 2022

Menurut Lina, cara kerja nikuba adalah memisahkan Hidrogen (H2) dengan Oksigen (O2) pada air (H2O) melalui proses elektrolisis. Hidrogen yang sudah terpisah dari O2 kemudian masuk ke ruang pembakaran kendaraan sebagai pengganti BBM.

"Harus diperhatikan bahwa air yang digunakan dalam proses elektrolisis adalah air yang yang sudah tidak mengandung logam berat supaya dapat menjalankan kendaraan bermotor," lanjut Lina menjelaskan.

Seperti diketahui, sebelumnya dalam berbagai pemberitaan, nikuba disebut sudah terpasang dan digunakan oleh puluhan motor anggota TNI di Kodam III Siliwangi. Alat ini dikatakan dapat menghemat konsumsi BBM yang kini semakin mahal harganya.

Baca juga : Cabor Skateboard Sumbang Perak Di Asian Games 2022

Membahas mengenai Nikuba yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini, tentu tidak akan jauh dari istilah energi terbarukan. Ini merupakan suatu inovasi karena belum ada yang bisa menjadikan air sebagai bahan bakar pengganti, tentu hal ini bersifat ramah lingkungan dan lebih hemat tentunya.

Didorong meluaskan energi terbarukan demi menjaga lingkungan tetap hijau di suatu negara,PTvShan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-14 November di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia pada kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan.

Baca juga : CIMB Niaga Jadi Pembeli Pertama Unit Karbon Di Bursa Karbon Indonesia

Sehingga tidak hanya dengan memajukan kondisi perekonomian Indonesia, namun juga menaruh harapan dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan dengan mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan.

"Jika tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, bisa mendaftarkan diri dan perusahaan melalui link dan email dibawah ini : https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 [email protected]," jelas Lina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.