Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Apresiasi Program CSR-SDGs, CFCD Kembali Gelar ICA Dan ISDA 2023

Senin, 4 Desember 2023 13:01 WIB
Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno, (tengah) saat jumpa pers di Jakarta, Senin (4/12). (Foto : ist) 
Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno, (tengah) saat jumpa pers di Jakarta, Senin (4/12). (Foto : ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Corporate Forum for CSR Development (CFCD) kembali menggelar Anugerah Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023 .pada 4 Desember 2023 di Hotel Westin, Jakarta Selatan.

Lewat acara ini, CFCD ingin berkontribusi positif melalui kegiatan yang sejalan dengan perkembangan dunia di atas isu-isu keberlanjutan.

"Kami juga ingin menyebarkan pengetahuan, pemahaman, paradigma, konsep dan Praktek Bisnis dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development)," jelas Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno, MBA di Jakarta, Senin (4/12). 

Dalam anugerah ICA dan ISDA kali ini, terdapat 32 Perusahaan dan peserta perorangan terdiri dari 9 orang. Sedangkan untuk peserta ISDA terdiri dari 101 Perusahaan dan perorangan terdiri dari 14 orang.  

Ada 72 Program ICA termasuk Perseorangan dan 172 Program ISDA termasuk Perseorangan.

Menurut Thendri Supriatno, SNI ISO 26000:2013 menjadi panduan penilaian dalam penyelenggaraan Indonesia CSR Award (ICA).

Baca juga : Program SMILE Kembali Meraih Sertifikat RSPO Tahun Ketiga

Panduan tanggung jawab sosial ini, menjadi acuan dan praktik dalam menjalankan operasional organisasi. Standar internasional ini juga membantu organisasi dan perusahaan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan, melampaui kepatuhan hukum (beyond legal compliance), serta memenuhi hukum yang berlaku adalah bagian penting dari tanggung jawab sosial. 

Sementara Sustainable Development Goals (SDGs) sendiri adalah seruan dan aksi global untuk meminta stakeholders dunia segera bertindak mengakhiri kemiskinan sambil meningkatkan kesehatan dan pendidikan, mengurangi kesenjangan, dan mengatasi perubahan iklim.

"ISDA mengapresiasi dunia usaha dan lembaga/organisasi non pemerintah yang dinilai berperan aktif dan berkontribusi terhadap pencapaian SDGs, melalui aktivitas-aktivitas dalam pencapaian SDG, oleh karenanya sama seperti CSR diperlukan juga sebuah apresiasi dalam bentuk penyelenggaraan Indonesia SDGs Award (ISDA)," jelas Thendri.

Sementara Sekretaris Jenderal CFCD, Suharman Noerman, menyatakan kegiatan ICA dan ISDA tahun ini mengambil tema One World One Responsibility Toward Sustainable Business Leadership (ESG & CSV) in Excellence.

Tema ini relevan dengan perkembangan CSR Global dan Kajian Keberlanjutan kekinian terkait isu Kepemimpinan  ESG (Environment Social Gonernance) dan CSV (Creating share values).

"Termasuk di dalamnya isu  dan  upaya  komunitas global dalam  menyusun  Roadmap  serta  Strategi  Mitigasi Carbon dan Climate Resilience di masing-masing Negara dan Kawasan," jelas Suharman.

Baca juga : Bangun Komunitas Digital Cerdas, APJII Gelar IGCS 2023

Ketua Komite Penilai ICA dan ISDA 2023, Prof Hardinsyah menambahkan tujuan dari ICA dan ISDA 2023 adalah mendorong Integrasi Pelaksanaan CSR berbasis SNI ISO 26000:2013 sebagai Panduan Tanggung Jawab Sosial dan SDGs.

Kedua mengapresiasi oganisasi yang telah melaksanakan praktik CSR dan SDGs terbaik (Best Practice).

Ketiga, Memberikan rekomendasi umpan balik kepada peserta untuk menyempurnakan pengintegrasian pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial CSR dan Program SDGs Perusahaan yang berkelanjutan.

"Selain itu membangun dan meningkatkan citra (image) perusahaan dan memberikan inspirasi dan motivasi kepada organisasi (perusahaan/institusi) dalam menjalankan praktik terbaik CSR dan SDGs," jelasnya.

Ketua Steering Committee, E. Kurniawan Padma menambahkan ada beberapa persyaratan perusahaan mengikuti ICA dan ISDA , di antaranya tidak masuk ke dalam kategori Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) HITAM dan MERAH dalam 1 tahun terakhir (untuk perusahaan yang telah mengikuti Propoer).

Perusahaan Ekstraktif Kinerja Proper Minimal BIRU pada 1 tahun terakhir. Lalu, tidak sedang dalam sengketa masalah hukum, sosial dan lingkungan yang material pada tahun berjalan.

Baca juga : Pengamat Apresiasi Program Perumahan Para Capres

Sedangan Persyaratan keikutsertaan peserta perorangan dalam  ICA dan ISDA, meliputi dinominasikan oleh organisasi (perusahaan/institusi) tempat bekerja.

“Target Kami memberikan layanan terbaik dan pelaksanaan kegiatan tahun ini berjalan lancar dan sukses, sehingga  perusahaan seman termotivasi melaksanakan Kegiatan CSR," kata Ketua Pelaksana (OC) Kusnandar.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.