Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dosen UAI Lahirkan Inovasi PAPR Bagi Nakes Hadapi Covid_19

Selasa, 27 Oktober 2020 13:30 WIB
Dosen UAI Lahirkan Inovasi PAPR Bagi Nakes Hadapi Covid_19

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Al azhar Indonesia (UAI) turut mengambil peran melalui inovasi alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan (Nakes) berupa Powered Air Purifying Respirator (PAPR) yang dikembangkan oleh sejumlah Dosen UAI dengan diketuai Ahmad Juang Pratama, ST, M.Sc. yang diluncurkan pada acara webinar dalam rangka mendorong inovasi teknologi di Indonesia, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) sekaligus rangkaian Milad UAI dan memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengusung tema “UAI Menyongsong Kemandirian Teknologi Indonesia” (27/10). 

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., mengatakan UAI menyadari bahwa inovasi teknologi terbukti mampu menyelesaikan permasalahan di masyarakat, khususnya pada masa pandemi Covid-19, hasil inovasi tersebut di apresiasi Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia sehingga digunakan tenaga kesehatan.

Baca juga : Kapuspen Kemendagri : Keterbukaan Informasi Kunci Sukses Penanganan Covid-19

"Alat PAPR tersebut mengusung konsep low budget serta nyaman saat digunakan, namun tetap sesuai dengan standard alat kesehatan", jelas Prof Asep dalam virtualnya dihadapan berbagai perguruan tinggi, serta kurang lebih terdapat 20 rumah sakit yang akan menerima hibah PAPR, berbagai SMA-SMA yang bekerjasama dengan UAI yang jumlahnya mencapai 500 orang, dan sivitas akademika UAI.

Acara yang diselenggarakan secara virtual ini menghadirkan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P., Ph.D., Direktur Utama PT. Pupuk Indonesia, Dr. Ir. Achmad Bakir Pasaman, M.H., M.M., IPU., dan Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, Dr. Ir. Sigit Puji Santosa, MSME.  Ketua Umum YPI Al Azhar, Drs. H. Sobirin, HS. Serta Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta yang diwakilkan oleh Dr. Yaya Jakaria, S.Si., MM selaku Sekretaris LLDIKTI Wilayah III.

Baca juga : Ucapkan Hari Santri, Anies Ajak Ikut Perangi Covid-19

Pada kesempatan yang sama, dr. Ibadurahman, SPB, dokter Rumah Sakit Bhineka Bakti Husada Tangerang Selatan, memberikan respon positif terhadap penggunaan PAPR karya para dosen UAI di rumah sakit tersebut. "Hal ini turut membuktikan bahwa PAPR dan inovasi teknologi lainnya memiliki kemampuan untuk bersaing dengan produk yang ada di pasaran nasional hingga global" ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Asep yang juga Guru Besar Ilmu Statistik, UAI berharap dapat menyebarkan dan membangun budaya inovasi guna mendukung perekonomian nasional serta mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Dengan berkembangnya inovasi teknologi, Indonesia akan terbantu untuk keluar dari jurang kemiskinan melalui peningkatan daya saing, baik sumber daya manusia maupun teknologi dari hasil inovasi itu sendiri, tambah Asep. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.