Dark/Light Mode

17 Hotel di Jabar Siap Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid

Senin, 28 September 2020 20:38 WIB
Ilustrasi hotel. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi hotel. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan saat ini ada sekitar 17 hotel di wilayah itu yang sudah siap menjadi tempat isolasi bagi pasien Covid-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan pihaknya sedang menunggu sosialisasi dari pemerintah. "Sudah ada 17 hotel yang siap, mayoritas ada di Bandung sekitar 13 hotel. Kami dan Pemprov Jabar sedang mendata hotel mana saja yang siap menjadi tempat isolasi," ungkapnya.

Muchtar menambahkan untuk jumlah hotel yang bersedia menjadi tempat isolasi bagi pasien Covid-19 naik turun yakni sebelumnya ada 17 hotel lalu naik menjadi 23 dan saat ini turun lagi jadi 17.

Baca juga : PLN Pasok Listrik Di Pulau Maratua, Wilayah Jadi Terang Warga Girang

"Pemilik hotel yang menyatakan tidak bersedia tempatnya dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 memiliki sejumlah alasan mulai dari belum jelas pemerintah pusat dan daerah menggunakan jasa mereka sampai desakan masyarakat yang ada di sekitar hotel meminta agar penginapan tersebut tidak dijadikan tempat isolasi," ungkap Muchtar di Bandung, Senin (28/9).

Muchtar mengatakan PHRI Jabar berharap kepada Pemprov agar bisa mengambil langkah lebih cepat dalam penentuan berapa ruang isolasi yang dibutuhkan, dan berapa banyak hotel yang akan dipakai. "Jadi jangan sampai kepastian ini terus diundur karena pihak manajemen perhotelan pun berkejar-kejaran dengan pemesanan dari masyarakat menjelang akhir tahun," kata dia.

Menurut dia setiap akhir tahun mulai dari November sampai Desember jumlah okupansi masyarakat yang menginap di hotel akan tumbuh dan saat pemesanan ini menumpuk maka akan lebih sulit melakukan pembatalan menginap bagi konsumen yang telah memesan kamar lebih dulu. "Kami menunggu kepastian dari pusat karena daerah katanya akan ada rapat lagi. Kepastian ini diharap bisa lebih cepat," kata dia.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Datang Aja Ke 2 Tempat Ini

Muchtar mengatakan untuk detail hotel mana saja yang siap, PHRI Jabar belum bisa menjabarkannya dan pihaknya mengantisipasi jangan sampai ada pihak yang kemudian menolak penggunaan hotel sebelum ada kepastian dari Pemprov Jabar.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, kepastian penggunaan hotel dan berapa banyak ruang isolasi yang dibutuhkan belum bisa dipastikan sekarang.

Setiawan menngatakan untuk pemesanan hotel nantinya akan dibayarkan oleh pemerintah pusat sehingga butuh koordinasi lebih lanjut berapa banyak ruangan yang akan dipersiapkan. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.