Dark/Light Mode

Luhut Apresiasi Kerja PMI Tangani Covid-19

Selasa, 29 September 2020 12:35 WIB
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla bersama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau Gudang Darurat penanganan Covid-19 di Markas PMI Pusat di Jakarta, Selasa (29/9).
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla bersama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau Gudang Darurat penanganan Covid-19 di Markas PMI Pusat di Jakarta, Selasa (29/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersama Ketua Umum PMI Jusuf Kalla meninjau Gudang Darurat untuk memantau kesiapan PMI dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19.

Luhut dan JK juga memantau persediaan logistik dan aktivitas para relawan yang disiapkan untuk penanganan Corona.

Baca juga : Analis: Peran BIN dalam Penanganan Covid-19 Sesuai UU

"Saya apresiasi dan terima kasih pada PMI yang sigap, cepat, dan bergerak masif untuk menangani penyebaran Covid-19 sejak awal masuk ke Indonesia," kata Luhut saat meninjau Markas PMI Pusat di Jakarta, Selasa (29/9).

Dalam kunjungan tersebut, koordinator penanganan Covid -19 ini mendapat penjelasan dari JK terkait upaya-upaya yang telah dan masih dilakukan PMI dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca juga : Penjelasan Pakar Intelijen Mengenai Akurasi Tes dan Keikutsertaan BIN Tangani Covid-19

JK menjelaskan, ada tiga hal utama yang dilakukan PMI, yakni melakukan sterilisasi wilayah lewat penyemprotan disinfektan, memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, serta mendistribusikan paket bantuan sosial.

“PMI selama ini bergerak untuk menangani Covid-19 dengan mengandalkan tiga jurus, yaitu sterilisasi kota melalui operasi penyemprotan disinfektan,  mendidik masyarakat agar displin terhadap protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan jaga jarak serta membagikan paket hidup bersih dan sehat (PHBS) dan paket sembako," kata JK.

Baca juga : Luhut: Produsen Farmasi Nasional, Ayo Dong Kebut Bikin Obat Covid-19

Dalam kesempatan itu, JK mempersilakan Luhut untuk secara simbolis melepas armada penyemprotan disinfektan PMI berupa 45 unit kendaraan gunner, 200 unit minivan, 160 unit motor tiga roda, dan 1.000 alat penyemprot (knapsack sprayer). [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.