Dark/Light Mode

Peningkatan Kemampuan Orang Tua Tunggal Pada Anak Retardasi Mental

Rabu, 3 Maret 2021 12:30 WIB
Peningkatan Kemampuan Orang Tua Tunggal Pada Anak Retardasi Mental

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan salah satu tri darma perguruan tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan secara daring bekerjasama dengan Taman Kanak-kanak atau Pendidikan Anak Usia Dini (TK/PAUD) Seruni Kota Tangerang, Banten baru-baru ini.

Dosen Fakultas Psikologi UMB, Merly Erlina,M.E.Sy.,M.Si., dalam keterangan tertulisnya mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan parenting education guna meningkatkan parenting self-efficacy pada janda dari anak dengan retardasi mental di PAUD Seruni Pada Masa Pendemi Covid-19 Kondisi pandemi covid-19 menyebabkan proses belajar mengajar di TK/PAUD Seruni dilakukan dari rumah atau pembelajaran jarak jauh. 

Baca juga : Gus Menteri: Orang Tua Dulu Pakai Kebaya, Apapun Agamanya

"Peran orang tua menjadi lebih besar dalam mengajar anak mereka di rumah. Begitu juga dengan orang tua yang memiliki anak dengan retardasi mental. Orang tua dengan anak retardasi mental harus mengajarkan anak mereka di rumah sebagai pengganti guru di sekolah. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh orang tua yang memiliki anak retadasi mental adalah kemampuan diri atau Parenting Self Efficacy dalam mengasuh anak retardasi mental" Jelasnya.  

Hal senada dikatakan Dra.Tika Bisono, M.Psi.T, Mengajar dan mengasuh anak retardasi mental harus memiliki keterampilan khusus tidak seperti halnya menghadapi anak normal. Oleh karena itu, orang tua dengan anak retardasi mental perlu mendapatkan pelatihan dan bimbingan dalam mengajar anak mereka.

Baca juga : PDI Bandung Ingatkan Kepala Daerah Terpilih Jaga Amanah Rakyat

"Pelatihan ini membahas tentang anak retardasi mental dan kemampuan pengasuhan (parenting self efficacy) orang tua yang memiliki anak retardasi mental, agar orang tua lebih mengetahui tentang kondisi anaknya dan menambah kemampuan dalam mengasuh anak mereka" ucapnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.