Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PDI Bandung Ingatkan Kepala Daerah Terpilih Jaga Amanah Rakyat

Senin, 1 Maret 2021 07:46 WIB
Kegiatan Fun Bike PDI Perjuangan di kawasan Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (28/2/2021).
Kegiatan Fun Bike PDI Perjuangan di kawasan Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (28/2/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Para kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan diingatkan untuk selalu menjaga amanah rakyat. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu mengimplementasikan visi partai sebagaimana diamanatkan oleh Bung Karno yaitu, sebagai partai pelopor.

Seruan ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono.

Ono menjelaskan, partai pelopor dalam persepsi Bung Karno adalah partai yang mampu menjadi obor dan selalu memberikan kebermanfaatan bagi seluruh masyarakat, khususnya rakyat kecil.

Pihaknya berharap, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota terpilih dapat memberikan kebermanfaatan bagi rakyat, salah satunya membuat dan merealisasikan program-program pro rakyat yang terangkum dalam lima program prioritas kesejahteraan rakyat.

Disebutkan kelima program prioritas itu adalah, bidang sandang, pangan, dan papan, bidang pendidikan dan kesehatan.

Baca juga : KPK: Tersangka Membantah, Sudah Biasa...

Kemudian, bidang jaminan sosial dan ketenagakerjaan, Bidang infrastruktur dan lingkungan hidup. "Serta Bidang agama, budaya, dan pariwisata," imbuh Ono di sela kegiatan Fun Bike PDI Perjuangan di kawasan Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (28/2/2021).

Ono menuturkan, apabila para kepala daerah tersebut telah mampu menjalankan lima program prioritas kesejahteraan rakyat tersebut, maka pihaknya meyakini, bukan hanya berimbas pada prestasi pembangunan di kabupaten/kota, tapi juga terbangunnya kepercayaan masyarakat yang berpotensi menjadi modal kekuatan untuk Pilkada berikutnya.

Pihaknya selalu mengingatkan para kader yang diusung oleh PDI Perjuangan, baik yang duduk di legislatif maupun eksekutif, untuk terus dan senantiasa melakukan kerja-kerja keras dan nyata semaksimal mungkin dalam menghasilkan program kebijakan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Dengan demikian tidak diperlukan cara-cara pragmatisme politik dalam upaya merebut hati rakyat," kata Ono.

Formulasi inipun, lanjutnya yang akan terus dilakukan oleh seluruh kader PDI Perjuangan dalam menghadapi momentum kontestasi Pemilu Tahun 2024. Dengan upaya tersebut, pihaknya optimistis PDI Perjuangan akan mendapatkan hasil positif.

Baca juga : Pengamat : Pemecatan Kader Demokrat Demi Jaga Marwah Partai

“Kalau seluruh kader bisa menjalankan itu semua, dan rakyat puas, ditambah soliditas di internal partai, maka kami optimistis PDI Perjuangan akan meraih kemenangan dalam pesta demokrasi mendatang. Apalagi kami memiliki target di legislatif Jawa Barat itu bisa 30 kursi, sebab sekarang hanya 20 kursi, dan target di DPR RI 20 kursi, kami yakin dengan kerja keras seluruh elemen hasil ini akan tercapai di 2024," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Cabang DPC (DPC) PDI Pejuang Kota Bandung, Achmad Nugraha mengatakan, untuk menghadapi Pemilu 2024, Ia menekankan agar seluruh kader partai hingga tingkat terbawah harus selalu dekat dengan rakyat.

Bila bersentuhan langsung dengan masyarakat, otomatis rakyat akan menunjuk mereka sebagai wakilnya di legislatif pada pemilihan mendatang.

Terlebih, target PDI Perjuangan untuk DPRD Kota Bandung adalah 12 kursi. Ia tak ingin pengurus partai tidak punya tujuan. Motivasinya adalah mereka melakukan gerak langkah selalu dekat dengan rakyat.

"Bila dekat dengan dengan rakyat mereka akan mendapat dukungan, jika tidak peluang itu akan tertutup,” ujarnya

Baca juga : Gubernur Sulsel Di-OTT, KPK Sudah Ingatkan Kepala Daerah Jangan Korupsi

Acara Fun Bike PDI Perjuangan yang diikuti oleh 40 peserta, meliputi para kader DPD, DPC, PAC, dan sayap partai tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT PDI Perjuangan ke-48 dan Haul Bung Karno.

Mengingat Kota Bandung masih berada ditengah pandemi Covid-19, selain membatasi jumlah peserta tetapi seluruh kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. [DR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.