Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Ramadhan, PkM FKG Usakti Ingatkan Masyarakat Jangan Abai Terhadap Covid-19

Senin, 5 April 2021 10:02 WIB
Jelang Ramadhan, PkM FKG Usakti Ingatkan Masyarakat Jangan Abai Terhadap Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki bulan suci ramadhan, antusisame masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah meningkat terutama pada shalat tarawih, dimasa pandemi covid-19 masyarakat tidak boleh lelah atau bosan melakukan protokol kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Dr. drg. Meiny Faudah Amin, Sp.KG(K) pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan bagian dari Dewan Riset Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) bekerjasama dengan Pemuda dan Remaja Islam Mesjid Al-Adil (PRISMA) di Kompleks Kejaksaan Lebak Bulus Jakarta Selatan (4/4).

Baca juga : Legislator Dukung Aparat Berantas Jaringan Teroris

"Mesjid termasuk area yang berisiko tinggi dalam penyebaran Covid-19. Masyarakat yang datang beribadah sangat beragam, baik dari usia maupun tingkat pengetahuannya. Oleh karena itu dirasakan perlu untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dengan mengadakan pendidikan dan latihan sederhana dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan," jelas drg Meiny yang ketua pelaksana PkM FKG Usakti.

Menurutnya, banyak hasil penelitian yang mengatakan penyakit Covid-19 ini selain berhubungan dengan saluran pernafasan, juga ada di dalam rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dimasa pandemi ini perlu disebar luaskan kepada masyarakat. 

Baca juga : FKG Usakti Edukasi Masyarakat Pentingnya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Dimasa Pandemi

Pada pelaksanaan PkM FKG, memberikan pelatihan dan penyuluhan terkait menjaga kebersihan gigi dan mulut dimasa pandemi, proses penyebaran  covid-19, cara memakai masker, menerapkan protokol kesehatan, tim PkM FKG Usakti tidak hanya memberikan materi, namun memberikan bantuan alat kesehatan Gigi dan mulut bagi masyarakat Kompleks Kejaksaan Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Adapun tim PkM FKG diketuai Dr. drg. Meiny Faudah Amin, SpKG(K), beranggotakan drg. Taufiq Ariwibowo, Sp.KG(K), drg. Niko Falatehan, Sp.Pros, drg. Aditya Pratama Sarwono, MH, MARS, Sp.Pros, drg. Idham Tegar B., SKG, Arda Candra M, SKM beserta beberapa mahasiswa profesi kedokteran gigi I. Gusti Sanditya Ardiana, SKG, Nabila Tazkia, SKG, Nabiala Afifah, SKG dan Kevin Pratama Gundjoyo, SKG.

Baca juga : Jelang Ramadan, Food Station Tjipinang Pastikan Stok Beras Di DKI Aman

Dengan kegiatan PkM ini, drg. Meny mengajak PRISMA untuk mempersiapkan masyarakat sekitar bisa selalu siaga agar pasti bisa melawan Covid-19. Menjalankan protokol kesehatan dengan jemaah wajib mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dalam melakukan ibadah, pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.