Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FKG Usakti Edukasi Masyarakat Pentingnya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Dimasa Pandemi

Jumat, 2 April 2021 14:05 WIB
FKG Usakti Edukasi Masyarakat Pentingnya Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Dimasa Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya membantu penanganan masalah kesehatan gigi dan mulut dimasa pandemi Covid-19, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada murid-murid sekolah dasar di daerah kabupaten Bogor, yang bertempat di SD IT Al-Madinah Bogor (31/3) lalu.

Ketua pelaksana PkM drg. Melaniwati, Sp.KG mengatakan, pada situasi pandemi, rongga mulut merupakan pintu gerbang masuknya virus dan memiliki risiko tinggi untuk menularkan maupun ditularkan. Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Baca juga : Ada Sanksi Bagi Masyarakat Yang Menolak Vaksinasi, Tapi Pemerintah Kedepankan Edukasi dan Sosialisasi

"Gigi dan mulut yang sehat dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan bakteri yang masuk melalui rongga mulut" tuturnya.

Pada PkM kali ini diberikan materi oleh drg. Melaniwati, Sp.KG mengenai bagian- bagian dari gigi dan proses terjadinya gigi berlubang, lalu drg. Siti Chandra Dwidjayanti, Sp. Pros mengenai protokol yang harus dilakukan ketika datang ke RS serta cara mencuci tangan dan Dr. drg. Ciptadhi Tri Oka Binartha,  M.Kes, M.Biomed tentang bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut serta bagaimana memasang dan melepas masker yang baik dan benar.

Baca juga : PP Aisyiyah Ajak Masyarakat Perhatikan Kecukupan Gizi Milenial

Adapun tim PkM kali ini drg. Melaniwati, Sp.KG bersama dengan ketiga anggotanya yaitu Dr. drg. Ciptadhi Tri Oka Binartha,  M.Kes, M.Biomed, drg. Siti Chandra Dwidjayanti, Sp. Pros, drg.Olivia Nauli Komala, Sp.Perio dibantu mahasiswa FKG Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi (drg. Florencia Livia, Jackson, SKG), Program Profesi Dokter Gigi (Yessica Puspita Kardinal, SKG, Gracia Andrietta, SKG), alumni FKG Usakti (drg. Annisya Muharti, Sp.BM), pegawai Tenaga Pendidikan (Yuli Satria, S.Pd) dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SD IT Al-Madinah ( Carmadi, M.Pd.I), seluruh guru dan murid kelas 3 SD IT Al-Madinah. 

Tidak hanya webinar, lanjut drg.Melaniwati, PkM FKG Usakti juga memberikan bantuan berupa sabun cuci tangan, hand sanitizer, banner mengenai 6 Langkah Cara Mencuci Tangan serta masker dan pasta gigi. 

Baca juga : Madura, Penyangga Utama Kebutuhan Migas Jatim

Dengan kegiatan penyuluhan ini, drg.Melaniwati, Sp.KG berharap dapat menjadi bekal bagi seluruh anggota sekolah dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya di masa pandemi sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus Covid-19. Harapan lain juga untuk menghilangkan kekhawatiran ketika melakukan kunjungan perawatan gigi ke fasilitas kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan yang benar. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.