Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kurangi Jejak Karbon, Danone SN Indonesia Bangun Fasilitas Boiler Biomassa

Senin, 26 April 2021 18:14 WIB
Kurangi Jejak Karbon, Danone SN Indonesia Bangun Fasilitas Boiler Biomassa

RM.id  Rakyat Merdeka - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia mengawali pembangunan fasilitas Boiler Biomassa di Pabrik Sarihusada Prambanan Jawa Tengah. Peletakan batu pertama dilakukan bersama oleh Operation Director Danone SN Indonesia Azmin Hasmat dengan Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani yang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto.  Hadir pula dalam kegiatan ini pemangku kepentingan dari PT Tasma Bioenergy Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Tengah, Muspika dan perwakilan masyarakat sekitar.

Operation Director Danone SN Indonesia, Azmin Hasmat mengatakan bahwa upaya ini dilakukan sebagai kontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Danone di tingkat global berambisi untuk menjadi Perusahaan Karbon Netral pada tahun 2050 melalui pengurangan jejak karbon, praktik pertanian ramah lingkungan, mengeliminasi alih tutupan lahan dalam rantai pasok dan carbon offsetting.

Baca juga : PLN Pasang Target 23 Persen Bauran EBT Di 2025

“Danone SN Indonesia berkomitmen untuk merealisasikan ambisi tersebut sekaligus mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan bauran energi terbarukan sebesar 23% pada 2025. Upayanya dilakukan melalui kerjasama antara PT. Sarihusada Generasi Mahardika dan PT. Tasma Bioenergy Indonesia, melalui pembangunan fasilitas Boiler Biomassa pertama di Propinsi Jawa Tengah”, kata Azmin.

Jawahar Harinarayanan, selaku President Director PT Tasma Bioenergy Indonesia mengatakan bahwa kerjasama strategis ini akan berkontribusi untuk mengatasi tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini. “Sesuai dengan keahlian kami, kami berupaya berperan aktif dalam penyediaan solusi energi terbarukan guna mendukung ambisi Danone menjadi Perusahaan Karbon Netral”, jelas Jawahar.

Baca juga : Kowani Ajak Perempuan Indonesia Tingkatkan Literasi

“Sarihusada Prambanan Plant secara bertahap akan mengganti  Boiler berbahan bakar Gas alam dengan Boiler Biomassa. Penggunaan Boiler Biomassa ini akan menurunkan jejak karbon sebesar 8.300 Ton CO2 per tahun atau setara dengan jejak karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon, sehingga dapat mengurangi  32% jejak karbon yang dihasilkan oleh proses produksi di Pabrik Sarihusada Prambanan,” tambah Azmin.

Fasilitas Boiler Biomassa ini didirikan di tanah seluas 3.000 meter persegi di dalam area Pabrik Sarihusada Prambanan. Boiler yang akan siap beroperasi akhir tahun 2021 ini akan mensuplai kebutuhan steam dari kegiatan produksi hingga 40.000 ribu ton per tahun. Bahan bakarnya adalah 13.000 ton sekam padi/tahun yang didapat dari sekitar lahan pertanian sekitar pabrik. Selain menurunkan jejak karbon secara signifikan, operasional Boiler Biomassa ini juga akan membawa manfaat dan pemberdayaan kepada masyarakat setempat, Azmin menjelaskan.

Baca juga : BAZNAS dan Bank Syariah Indonesia Sinergi Kelola Zakat

Azmin menegaskan kembali bahwa inissiatif yang dilakukan Danone SN Indonesia ini sejalan dengan visi Danone yaitu One Planet One Health, artinya antara kesehatan bumi atau kelestariannya akan sangat berkaitan erat dengan kesehatan masyarakatnya. “Kami memperluas pemanfaatan energi bersih dalam operasional sekaligus menyerap limbah pertanian di area sekitar pabrik serta dapat berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat setempat”, tutupnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.