Dark/Light Mode

Pentingnya Pembekalan Citizen Journalism Bagi Anak di Era Digital

Senin, 16 Agustus 2021 06:30 WIB
Ist
Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan teknologi informasi saat ini begitu mudah, sehingga banyak sekali informasi yang bohong atau hoax yang mempengaruhi masyarakat, untuk itu perlu pengetahuan terkait informasi yang benar salah satunya dengan mempelajari citizen journalism.

Hal tersebut dilakukan tiga mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) yaitu Muhamad Jihad, Sarah Venita dan Rianti Arisandi kepada siswa-siswi SD Islam Ar-Rasyid Serpong Tangerang Selatan baru-baru ini.

Berita Terkait : UMB Dorong Petani Muda Berkarya dan Berdaya di Era Komunikasi Digital

Menurut pembimbingnya Sri Wahyuning Astuti, S.Psi, M.Ikom dipilihnya citizen Journalism kepada siswa SD karena mereka dengan mudah mengakses informasi di smartphone, baik melalui media sosial atau portal berita, ini alasan kami melakukan pengabdian kepada siswa-siswi SD Islam Ar Rasyid terkait materi citizen journalism.

"Setiap siswa diberikan pelatihan dasar menulis, mencari tema, buat video disekitar rumahnya sesuai minat dan bakat anak" jelas Asrie panggilan akrab Sri Wahyuning Astuti.

Berita Terkait : Peter Gontha Perkenalkan Tagline Baru Transvision

Hal senada disampaikan Feni Fasta, M.Si sebagai pembimbingnya, mahasiswa dapat memberikan materi sesuai minat bakat dan pemahaman siswa SD, sehingga siswa tersebut dapat memahami materi yang diberikan dan mempraktikannya.

Dengan pelatihan tersebut, Feni berharap para siswa tidak hanya mengikuti, melihat dan membaca informasi dimedia sosial tapi dapat menyaring, membagikan informasi yang benar tapi bisa juga membuat berita atau memberikan informasi sebagai citizen Journalism. (ARM)