Dark/Light Mode

Tingkatkan Profesionalitas Perawat, Sejumlah Guru Besar Deklarasikan FPPKNI

Selasa, 5 Oktober 2021 13:48 WIB
Tingkatkan Profesionalitas Perawat, Sejumlah Guru Besar Deklarasikan FPPKNI

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah Guru Besar dan Senior Nursing Group (SNG) sejawat Komunitas Keperawatan Indonesia mendeklarasikan Presidium Forum Peduli Profesi Keperawatan Nasional Indonesia (FPPKNI) yang dibacakan langsung oleh Ketua Presidium FPPKNI Prof Drs Elly Nurachmah, SKp didampingi Sekretaris Dr. Rita Sekarsari, S.Kp, MHSM., FISQua, dan sejumlah pengurus FPPKNI lainnya di Gedung Joeang Jakarta, diikuti perwakilan seluruh Indonesia secara virtual (5/10).

Ketua FPPKNI, Prof. Dra. Elly Nurrachmah, skp, M.App.Sc, DNSC mengatakan, deklarasi FPPKNI merupakan forum keperawatan profesional yang bersifat independen yang peduli terhadap profesi keperawatan di Indonesia, sehingga diharapkan dapat memberikan berbagai masukan untuk kepentingan profesi keperawatan.

"Pembentukan forum ini merupakan bukti nyata kepedulian para guru besar dan para senior/pakar keperawatan (SNG) terhadap profesi keperawatan di Indonesia" tuturnya.

Baca juga : Agar Makin Profesional, Humas Pemerintah Belajar Dari TikToker Muda

Prof Elly menegaskan, FPPKNI Sebagai forum resmi nasional yang bersifat independen diharapkan mampu mengkawal kehidupan dan perkembangan profesi dengan baik, benar dan bermartabat sehingga menjadi profesi yang diakui dan dihargai karena kemanfaatannya bagi masyarakat secara nasional dan global.

Adapun isi deklarasi yang disampaikan meliputi:

1. Profesi Keperawatan mempunyai peran penting dalam melindungi Hak Azasi Manusia akan Kesehatan yang berkeadilan, bermartabat, dan sederajat di tingkat nasional maupun internasional;

Baca juga : Tingkatkan Keandalan Listrik PON XX Papua, PLN Gunakan Teknologi SCADA

2. Keperawatan professional di Indonesia harus dikembangkan dan dijaga sesuai hakikat dan tujuan awal Kesepakatan Nasional 1983 yaitu keperawatan sebagai profesi;

3. Untuk itu, diperlukan pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dan collective collegial, sebagai role model, berintegritas, akuntabel, dan amanah;

4. Pengembangan kepemimpinan profesi keperawatan harus dilakukan melalui proses pematangan pola pikir, keterampilan kepemimpinan dan pembentukan karakter.

Baca juga : Bangkitkan Kemandirian Santri, Pertamina Lubricants Dan Kemenaker Gelar Pelatihan Otomotif

Melalui deklarasi ini, Prof Elly Berharap, pengalaman menangani pandemi Covid-19 serta kemajuan digital saat ini dapat mendorong perkembangan profesi keperawatan secara berkesinambungan, terarah, bagi kemajuan kesehatan di Indonesia terutama profesi keperawatan kedepannya, pungkas. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.