Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MRT Jakarta Fase 1, Proyek Indonesia Pertama Sabet Penghargaan FIDIC

Rabu, 15 September 2021 19:58 WIB
MRT Jakarta Fase 1 Koridor Lebak Bulus-Bunderan Hotel Indonesia (HI). (Foto: Ist)
MRT Jakarta Fase 1 Koridor Lebak Bulus-Bunderan Hotel Indonesia (HI). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan tingkat global dari Federation Internationale Des Ingenieurs-Conseils (FIDIC) atau International Federation of Consulting Engineers dalam ajang FIDIC Project Awards 2021.

Penghargaan ini diberikan pada General Assembly Meeting yang digelar secara virtual oleh lebih dari 100 Negara Anggota FIDIC, Selasa (14/9). MRT Jakarta Fase 1 Koridor Lebak Bulus-Bunderan Hotel Indonesia (HI) dinilai sebagai infrastruktur yang sukses bikin perubahan nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

Proyek ini dilaksanakan dengan menerapkan kontrak FIDIC disertai manajemen yang baik. Hebatnya lagi, proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 1 adalah proyek pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan internasional dari FIDIC.

"Terima kasih kepada FIDIC atas penghargaan yang telah diberikan kepada MRT Jakarta. Ini adalah pengakuan terhadap karya anak bangsa melalui insan-insan MRT Jakarta dan semua pihak yang terlibat. Penghargaan ini atas kerja profesional dan berintegritas dalam mewujudkan infrastruktur publik dengan kualitas internasional," ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dalam keterangannya, Rabu (15/9).

Baca juga : Barata Indonesia Punya Dirut Baru

Pada kesempatan yang sama, President FIDIC William Howard memberikan selamat kepada para pemenang, termasuk kepada PT MRT Jakarta.

"Selamat kepada para pemenang atas penghargaan yang diterima. Semua proyek yang berpartisipasi menampilkan pekerjaan konstruksi dari sektor infrastruktur yang dapat membuat perubahan yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat yang mereka layani. FIDIC senang dapat mempromosikan pekerjaan ini dan menyoroti pentingnya pekerjaan ini bagi masyarakat," tuturnya.

Apresiasi juga turut diberikan kepada MRT Jakarta oleh Prof Sarwono Hardjomuljadi sebagai Board Member of Director FIDIC 2019-2023.

Pembangunan jalur MRT Jakarta, kata dia, merupakan proses perjalanan panjang yang telah ditempuh demi menghadirkan perubahan besar bagi masyarakat khususnya di Jakarta.

Baca juga : Tertib Serahkan Karya, Penerbit dan Produsen Karya Rekam Terima Penghargaan

Dia berharap, pekerjaan konstruksi MRT Jakarta dapat menjadi motivasi bagi pekerjaan konstruksi lainnya di Indonesia untuk menerapkan dan memiliki manajemen proyek yang kuat serta mengacu pada international best practice. Khususnya pada FIDIC Conditions of Contract yang merupakan syarat mutlak untuk meraih keberhasilan sebuah pekerjaan konstruksi.

"Selamat kepada MRT Jakarta yang telah berhasil meraih penghargaan Award of Merit dari FIDIC," ucapnya.

Diketahui, FIDIC merupakan badan perwakilan internasional global terbesar yang dibentuk dari asosiasi nasional konsultan (Consulting Engineers) dari seluruh dunia.

Dalam perkembangannya, serta didukung oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman professional, FIDIC telah menerbitkan berbagai bentuk standar dari dokumen dan persyaratan kontrak, conditions of contract, untuk proyek-proyek pekerjaan sipil atau civil engineering construction sejak 1957 yang secara terus menerus direvisi dan diperbaiki sesuai perkembangan industri konstruksi.

Baca juga : Keren, Indonesia Kembali Terima 3 Tahap Vaksin Covid

Ajang FIDIC Project Awards 2021 memberikan apresiasi terhadap proyek-proyek yang dinilai memiliki kontribusi besar dalam perbaikan kualitas kehidupan masyarakat dengan mengedepankan prinsip kualitas, integritas, dan keberlanjutan, serta unggul dalam penerapan kontrak FIDIC disertai manajemen proyek yang baik.

Sejumlah proyek mancanegara yang mendapatkan award di antaranya, The Hong Kong Zhuhai Macao Bridge (China), Beijing Daxing International Airport (China), Shanghai Metro Line 11north, South Project (China), Chengdu-Guiyang High-Speed Railway (China), McLoughlin Point Wastewater Treatment Plant Outfall  (Kanada), Mid Halton Wastewater Treatment Plant, Micro-Hydro Facility (Kanada), Old Crow Solar Project (Kanada).

Selain itu proyek New Coastal Road Viaduct on Reunion Island (Perancis) Narendra Modi Cricket Stadium at Motera, Ahmedabad (India), Bangalore Water Supply and Sewerage Project (II), funded by Japan International Cooperation Agency (JICA) (India), 25 King (Australia), Hoang Van Thu Bridge, part of the Technical Infrastructure Development Project for the North Cam River New Urban Area (Vietnam). [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.