Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Strategi Distro NSA Indonesia Bertahan Dimasa Pandemi

Kamis, 21 Oktober 2021 10:51 WIB
Strategi Distro NSA Indonesia Bertahan Dimasa Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai upaya telah dilakukan oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar usahanya tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan. Tidak sedikit pelaku UMKM yang terdampak pandemi berusaha mengatur strategi agar usahanya survive. Salah satunya adalah apa yang telah dilakukan oleh Doni Murmansyah pendiri NSA Industries.

Doni, sapaan akrabnya, mendirikan usaha rumahan pada tahun 2002 dan fokus pada clothing pada tahun 2004 yaitu NSA Industries. Clothing mengacu pada usaha yang memproduksi produk (pakaian) yang memiliki nama atau brand sendiri. Dalam menjalankan usahanya, seperti halnya industri clothing pada umumnya, produk yang dihasilkan kemudian dipasarkan ke berbagai toko pakaian (distro/distribution store) di Bandung yang jumlahnya tidak kurang dari 21 distro.

Baca juga : Dubes Roem Kono Ajak Diaspora Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi

Seiring dengan berjalannya waktu, sebagaimana dialami oleh usaha-usaha yang lain, pada tahun 2019 usaha yang dijalankan mengalami menurunan akibat pandemi Covid-19. Tidak tanggung-tanggung omzet mengalami penurunan signifikan akibat pendemi. Kendala utama yang dihadapi adalah dampak dari distro di Kota Bandung yang notabene menjual produknya banyak yang tutup.  “Omzet kami menurun lebih dari 50 persen akibat tidak ada tempat untuk menjual produk” kata orang Bandung itu.

Tidak mau menyerah oleh keadaan, Doni yang lahir 42 tahun lalu itu kemudian melakukan strategi marketing, pemasaran yang awalnya dilakukan secara konvensional (produk dijual di toko), salama pandemi beralih sepenuhnya dengan memafaatkan media online. Beberapa marketplace dimanfaatkan oleh pemilik NSA Industaries itu agar usahanya tetap berjalan, diantaranya Shopee, Lazada, Tokopedia, serta memanfaatkan media sosial Instagram.

Baca juga : Bandara Soetta Sanggup Layani 700 Orang Tes Corona Per Jam

Strategi yang dilakukannya membuahkan hasil, sudah banyak dari satu item produknya yang terjual sampai ribuan pcs dalam satu tahun. Bahkan omzet dihasilkan mencapai Rp 500 juta – 600 juta perbulan. Produk yang diandalkannya adalah sweater yang merupakan outwear yang diminati oleh masyarakat Indonesia terutama remaja. Tidak salah jika remaja usia sekolah SMP dan SMA dijadikan segemen pasar NSA Industries. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau antara Rp 100.000 – Rp 200.000 kualitas produk yang dihasilkan NSA Industries tidak murahan karena diproduksi dengan bahan yang berkualitas.

Kerja keras Doni dalam mempertahankan usaha di tengah pendemi Covid-19 tidak semata-mata demi untuk keuntungan pribadinya. Namun Doni berfikir jika tidak diselamatkan maka akan banyak orang yang jadi korban, yaitu karyawan, klien bisnis, dan pekerja lepas yang salama ini menggatungkan pendapatannya pada usaha NSA Industries.

Baca juga : SoKlin Antisep Kupas Tuntas Pendidikan Ideal dimasa Pandemi

NSA telah mempekerjakan karyawan tetap sebanyak 13 orang. 8 orang ditugaskan pada bagian produksi, dan sisanya sebagai tenaga pemasaran online. Disamping itu, NSA Industries juga telah banyak memberdayakan ibu-ibu di sekitar lokasi produksi, yaitu sebagai pinishing produksi yang jumlahnya sebanyak 12 orang. “Usaha yang dijalankan ini bagaimana dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar” ujarnya. Itulah mengapa Doni berharap usaha ini tetap bisa bertahan dan terus berkembang.

Demi mengembangkan usahanya dan meningkatkan kemanfaatan bagi orang lain, NSA Industries membuka peluang kepada siapa saja yang berminat menjadi reseller produknya. Baik yang tinggal di Kota Bandung maupun di luar daerah itu. “Saat ini kami memberikan peluang kepada siapa saja yang berminat untuk menjadi reseller, kami akan berikan harga yang terbaik” jelasnya. Meskipun sistem yang ditawarkan masih beli putus, namun NSA Industaries memberikan peluang dengan sistem konsinyasi atau pembayaran tempo untuk reseller-reseller tertentu, pungkas Doni. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.