Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anak Muda Berperan Dalam Menjaga Pancasila

Senin, 18 Oktober 2021 21:41 WIB
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. (Foto: ist)
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikrar Sumpah Pemuda idealnya sumber inspirasi milenial untuk merawat dan mengamalkan Pancasila. Bukan hanya moderasi beragama, namun juga suku bangsa. 

Pandangan ini mencuat dalam Dialog Kebangsaan "Pancasila dan Penyemaian Spirit Moderasi Beragama di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa", Senin (18/10). 

Sebagai pembicara kunci, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menekankan pentingnya sosialisasi Pancasila. Menurut dia, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Sosialisasi MPR adalah dua lembaga yang bertugas membentuk mental ideologi bangsa di era reformasi. 

Basarah lantas mengulas proses perumusan Pancasila. Dimulai dari sidang Resmi BPUPK hingga fase pengesahan dalam sidang resmi PPKI pada Agustus 1945.

Baca juga : Menpora Yakin Kesuksesan PON Menular Ke Ajang Peparnas

"Para founding father bukan hanya menyoal moderasi beragama, tapi suku bangsa. Pancasila milik bangsa Indonesia, bukan milik kelompok atau golongan," seloroh Ketua DPP PDI Perjuangan ini. 

Basarah menegaskan, pemuda bertanggungjawab dalam pembangunan nasional. Untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi negara, menjaga NKRI, dan memperkukuh persatuan-kesatuan bangsa. "Banyak gagasan Cak Nur yang masih relevan. Misalnya soal kemajemukan manusia adalah kenyataan yang harus diterima karena kehendak Allah," imbuhnya. 

Basarah mengingatkan, Kongres Pemuda II begitu kental dengan simbol-simbol persatuan. Sebagai contoh, mengapa saat itu tidak bahasa Jawa yang dipilih sebagai bahasa persatuan.

"Bahasa Melayu adalah Lingua Franca (bahasa perhubungan) yang menjembatani pergaulan antar suku dan perdagangan serta antar wilayah. Bahasa Melayu terbuka dan demokratis sehingga terpilih sebagai bahasa persatuan," jelas eks aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini. 

Baca juga : Sindir Anak Buah Moeldoko, Demokrat : Orang Kalap Sering Silap

Sementara itu, Deputi I BPIP Prakoso menilai Ikrar Sumpah Pemuda layak diteladani generasi zaman now. Bagaimana dulu dengan segala keterbatasan, para pemuda bisa berkumpul dan memerdekakan Indonesia.

"Kita harus jaga dan rawat. Jangan seperti sekarang, mudah saling berselisih, membenci, dan marak hoaks," cetusnya. 

Prakoso menyinggung contoh sederhana membawa nama baik bangsa. Yakni keberhasilan Jonatan Christie dkk membawa pulang Piala Thomas ke Indonesia usai mengandaskan China 3-0, pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10) malam.

Sedangkan Rektor Universitas Paramadina Didik J. Rachbini menilai penting kampanye kebangsaan melalui dialog dan berbagai lomba bagi para pemuda. Ia mengapresiasi BPIP. "Kita harus selalu dialog, bukan monolog. Perlu saling belajar, mengkaji," kata Didik. 

Baca juga : Ini Peran Ganda Hulu Migas Di Tengah Perubahan Iklim

Ekonom senior ini merasa berbagai elemen masyarakat seperti ormas sudah tidak mempermasalahkan Pancasila. Namun perlu terus dirawat oleh para pemuda melalui riset dan aktualisasi. "Pemikiran-pemikiran Cak Nur (Nurcholish Madjid) juga memiliki relevansi untuk dikembangkan dan disosialisasikan dalam kerangka penguatan ideologi Pancasila," beber Didik.

Dialog Kebangsaan ini atas inisiasi BPIP dan Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina yang didukung oleh Universitas Mahakarya Asia, Bernas.id dan Paramasophia. Banyak akademisi dan mahasiswa mengikuti via daring. Juga diumumkan para pemenang lomba esai dan video nasional. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :