Dark/Light Mode

Kolaborasi Alumni Belanda Bahas Kerjasama Pencapaian SDGs di WINNER 2021

Jumat, 29 Oktober 2021 19:53 WIB
Kolaborasi Alumni Belanda Bahas Kerjasama Pencapaian SDGs di WINNER 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - Alumni Belanda lintas disiplin Ilmu berkolaborasi dalam online konferensi internasional, WINNER 2021. Yang diselenggarakan secara khusus oleh Jaringan Alumni Network Indonesia (NL Alumni Network – Nuffic Neso Indonesia) dan Asosiasi Alumni Belanda di Indonesia (IKANED). Keterlibatan NL alumni juga terlihat dalam sesi lainnya seperti Poster dan Matchmaking Session.

Acara yang dimoderatori Indhira Sembiring Meliala (Alumnus Rotterdam School of Management, tim start-up Acceleration dari ALTIRA ( Alternative Investments Group and Advisory ) ini secara khusus dilaksanakan untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara pegiat digital start-up Indonesia dan Belanda, serta meningkatkan kesadaran bersama bahwa ekosistem digital start-up adalah sangat penting, tidak hanya untuk start-up itu sendiri tetapi juga investor, pengusaha, juga pemerintah sebagai pemangku kebijakan terutama dalam semangat penguatan kerjasama Indonesia - Belanda dalam ekonomi digital dan start-up.

Baca juga : Mentan SYL Bahas Kerja Sama Kesehatan Hewan Di Forum AMAF

Hadir sejumlah pembicara dari alumni Belanda dan praktisi di bidang terkait dari Indonesia dan Belanda, diantaranya: Dian Afriyanie (Co-founder dan peneliti senior Lokahita – Research Center for Ecology and Geospatial), Barman Tambunan (Presidium IKANED, Direktur Laboratorium Nasional di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi); Prasetyoadi (Arsitek Profesional); Rebecca Saive (Associate Professor di bidang Fisika Terapan, University of Twente; Kornelis Blok (Professor di Delft University of Technology).

Forum diskusi yang berdurasi selama 75 menit ini menghasikan sejumlah rekomendasi program tindak lanjut, salah satunya pelaksanaan workshop dan webinar secara berkelanjutan tentang penguatan SDGs di bidang tata letak kota yang ramah lingkungan bagi masa depan yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2021 mendatang.

Baca juga : Indonesia-Inggris Bahas Kerja Sama Ketenagakerjaan

Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, H.E. Lambert Grijns, dalam sambutan penutup, mengungkapkan betapa peran dan keterlibatan alumni Belanda sangatlah penting dalam memperkuat kerjasama antara pemerintah Belanda dan pemerintah Indonesia di bidang pendidikan dan riset.

“Mereka adalah ambassador bagi kedua negara, karenanya semangat kolaborasi lintas disiplin ilmu antara alumni Belanda sangatlah penting bagi masa depan kedua negara”, ungkapnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.