Dark/Light Mode

ZAP Beauty Index 2021 Ungkap Tren Kecantikan Selama Pandemi

Rabu, 10 November 2021 15:22 WIB
ZAP Beauty Index 2021 Ungkap Tren Kecantikan Selama Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - ZAP meluncurkan ZAP Beauty Index 2021 bekerjasama dengan MarkPlus merilis hasil survei mengenai kebiasaan konsumen dan industri kecantikan Indonesia dengan melibatkan sekitar 6.000 responden wanita berusia 15-65 tahun yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2021, di Jakarta (10/11) mengatakan, ZAP Beauty Index 2021 menemukan mayoritas wanita Indonesia dari masing-masing generasi setuju bahwa kecantikan area intim perlu/sangat perlu untuk dijaga melalui upaya treatment.Tak terkecuali, pada wanita Generasi X berusia di atas 40 tahun, dengan jumlah persentase 80,1%. Sementara itu, sebanyak masing-masing 85,8% responden dari Generasi Millennial dan Generasi Z juga sepakat bahwa treatment area intim penting/sangat penting.

Baca juga : Konser 'Santri untuk Indonesia’, Tupperware Bantu Anak Terdampak Pandemi Covid-19

Menurutnya, Kini wanita Indonesia juga lebih menghargai pria yang merawat diri. Hampir seluruh wanita sangat mendukung pria melakukan perawatan ketampanan dan menggunakan skin care, jumlahnya mencapai 98,8% dari total responden ZAP Beauty Index 2021. Dengan demikian, kini perawatan tak lagi identik dengan cantiknya wanita karena pria juga diharapkan mampu menjaga penampilan. Hal inilah yang sebelumnya juga mendorong ZAP meluncurkan MEN/O/LOGY by ZAP pada 2019 sebagai klinik ketampanan pria pertama di Indonesia.

“Hal ini berbeda dengan temuan ZAP Beauty Index 2019 ketika gerai resmi brand menjadi 52,9% favorit wanita Indonesia. Sementara pada ZAP Beauty Index 2020, retail pharmacy atau drug store adalah jujukan pertama dari 57,2% responden. Namun uniknya, tidak semua platform online disukai oleh konsumen pada tahun ini. Website dari brand menjadi platform yang paling kurang dipertimbangkan, di mana hanya 0,3% yang membeli produk kecantikan mereka dari platform ini,” ungkap Yosanova Savitry.

Baca juga : Wanita Ini Pacaran Sama Hantu

Selain peningkatan tren berbelanja melalui e-commerce, ternyata klinik kecantikan juga semakin menjadi favorit wanita untuk membeli produk kecantikan. Pada 2020, hanya 0,3% wanita yang memilih klinik kecantikan sebagai tempat mereka membeli skin care. Namun pada 2021, angka tersebut meningkat menjadi 17,8% atau 20x lipat dibandingkan tahun sebelumnya, jelas Savitry. Tingginya kepercayaan wanita Indonesia terhadap produk yang dikeluarkan oleh klinik kecantikan. Sebesar 62,5% wanita Indonesia menyatakan percaya ataupun sangat percaya terhadap produk dari klinik kecantikan, walaupun belum pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan tersebut. Tingkat kepercayaan ini tidak berbeda jauh dengan mereka yang sudah menjadi pelanggan klinik kecantikan, yaitu 65,4%, paparnya.

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2021, CEO ZAP Fadly Sahab mengatakan, “Tren berubah sangat cepat setiap tahun. Penting bagi brand yang sangat peduli kepada customer seperti ZAP untuk stay relevant, mendengarkan, memahami apa yang diinginkan dan dianggap penting oleh para wanita Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Beri Penghargaan Ke Nakes Dan Relawan Vaksinasi

Selain itu, lanjut Fadly, harapannya ZAP Beauty Index dapat menjadi sumber referensi tepercaya bagi pelaku industri kecantikan di Tanah Air. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.