Dark/Light Mode

Menperin Dorong Desain Produk Industri Angkat Budaya Lokal

Selasa, 16 November 2021 17:50 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) didampingi Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita (kanan) memperharikan desain produk dari para peserta pada acara Penganugerahaan Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2021 di Jakarta, Selasa (16/11). (Foto: ist)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) didampingi Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita (kanan) memperharikan desain produk dari para peserta pada acara Penganugerahaan Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2021 di Jakarta, Selasa (16/11). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desain merupakan salah satu aspek penting dalam memacu daya saing produk industri. Oleh karena itu, para desainer produk industri berperan sangat penting untuk mampu menerjemahkan kebutuhan konsumen saat ini. 

“Mengutip ungkapan dari Robert L. Peters, desainer ternama asal Kanada, design creates culture, culture shapes values, and values determine the future. Ungkapan tersebut merangkum gambaran tidak saja mengenai betapa pentingnya posisi desain bagi perkembangan suatu produk, tetapi juga pengaruhnya dalam kehidupan manusia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Penganugerahaan Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2021 di Jakarta, Selasa (16/11).

Dalam realitasnya, contoh sederhana dari kebenaran ungkapan tersebut, dapat dilihat pada perkembangan komputer. Di awal kelahirannya, kata Agus, wujud komputer sangat besar dan tidak praktis. Kini menjadi sangat portable dalam bentuk laptop dan smartphone serta menjadi kebutuhan primer bahkan menjadi budaya yang sangat dominan.

Baca juga : Lestari Ingin Program Deteksi Dini Kanker Payudara Digencarkan

Contoh kongkret lain dapat dilihat pada industri furnitur atau home décor dan fesyen. Di industri fesyen, menurut Agus, Indonesia beruntung memiliki khasanah batik dan fesyen muslim yang semakin diakui dan diminati oleh dunia.

Selain sebagai pembentuk budaya, lanjut Agus, desain itu sendiri secara inheren membawa nilai yang ingin dikenalkan atau dipromosikan. “Setiap kali kita membeli suatu produk, pada dasarnya kita memberikan dukungan terhadap kelestarian nilai yang dikandung oleh produk itu sendiri,” ujarnya.

Karena itu, para desainer yang menciptakan merek dan produk pada dasarnya bertanggung jawab atas pesan dan visual yang dilihat sehari-hari di sekitar masyarakat. Tanggung jawab itu adalah keseimbangan antara apa yang dicari oleh konsumen dan nilai apa yang mereka yakini dan suguhkan di masa depan.

Baca juga : Teten Dorong UMKM Kuliner Indonesia Bisa Mendunia

Bangsa Indonesia, dengan ragam entitas budaya yang dimiliki, sangat kaya akan budaya. Sebagai bagian dari identitas bangsa, nilai-nilai budaya tersebut sepatutnya kita lestarikan dan promosikan agar dapat menembus ke tingkat dunia hingga menjadi budaya global.

“Jika kita mampu melihat ragam kebudayaan sebagai sumber inspirasi, maka kita akan memiliki segudang ide-ide baru yang dapat dituangkan ke dalam berbagai bentuk karya,” terangnya.

Agus mengemukakan, pasar desain produk industri semakin besar dan berkembang. Berdasarkan Global “Industrial Design Market" 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri pada tahun 2019 tercatat mencapai 45,38 miliar dolar AS dan diproyeksikan akan tumbuh mencapai 65,41 miliar dolar AS pada akhir tahun 2026 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3 persen selama kurun waktu 2021-2026.

Baca juga : Dubes Heri Dorong Kerja Sama Investasi Dengan Jepang

“Peluang di sektor desain industri tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para desainer dalam negeri,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.