Dark/Light Mode

Wapres Berharap Sumut Bangun Mal Pelayanan Publik

Rabu, 17 November 2021 15:52 WIB
Wapres, Maruf Amin memimpin rapat tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik serta Dialog dengan Para Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, di Medan, Sumut, Rabu (17/11). (Foto: BPMI Setwapres)
Wapres, Maruf Amin memimpin rapat tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik serta Dialog dengan Para Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, di Medan, Sumut, Rabu (17/11). (Foto: BPMI Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres), Maruf Amin mendorong Pemerintah Daerah, termasuk Sumatera Utara (Sumut), untuk memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP) guna mendukung keberhasilan akselerasi reformasi birokrasi di Indonesia. 

Hal ini disampaikan Wapres saat memimpin Rapat Koordinasi mengenai Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik serta Dialog dengan Para Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Sumut, yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Rabu (17/11). 

“Saya dengar di Sumut belum ada Mal Pelayanan Publik di kabupaten/kota. Oleh karena itu, kami imbau supaya secara kelembagaan ini kemudian dibentuk di semua kabupaten/kota,” ujar Wapres. 

Baca juga : Walkot Arief Pantau Pembongkaran Rumah Di Maulana Hasanudin

Wapres menyampaikan, akselerasi reformasi birokrasi merupakan salah satu fokus kerja pemerintah dan pembangunan MPP adalah salah satu upaya untuk mewujudkannya. Dengan kehadiran MPP masyarakat dapat mengakses layanan melalui satu pintu. 

“Yang kedua, kalau sudah ada (MPP) tentu peningkatan pelayanan, terus dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan. Apabila ada berbagai hambatan supaya juga disampaikan untuk kita terus upayakan penyempurnaan-penyempurnaan baik yang menyangkut regulasi maupun prosedur,” ujarnya. 

Di sisi lain, Wapres juga menekankan, pentingnya optimalisasi teknologi digital dalam menciptakan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Sebab, pelayanan publik di daerah merupakan perwakilan wajah Pemerintah dalam melayani masyarakat. 

Baca juga : Anies Baswedan: Sejak Dulu, Pak Mahfud Teladan Keluarga Kami

“Pelayanan publik inilah yang kita harapkan dapat terlayani dengan baik, cepat, dengan mudah, sederhana, kompetitif, dan seiring penggunaan teknologi yang juga semakin mantap, semakin masif. Ini kita harapkan menjadi wajah pemerintahan dalam rangka pelayanan kepada publik,” tuturnya. 

Waspada Hadapi Pandemi 

Pada kesempatan itu, Wapres juga mengingatkan seluruh jajaran pemerintah di Provinsi Sumut untuk tetap waspada dalam menghadapi pandemi Covid-19, terlebih dengan meningkatnya mobilitas masyarakat seiring dengan penurunan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan konfirmasi kasus harian. 

Baca juga : 2 Ledakan Berjarak 30 Menit Guncang Ibu Kota Uganda

Wapres meminta Pemerintah Daerah untuk terus menggencarkan disiplin protokol kesehatan di tengah masyarakat serta mengakselerasi program vaksinasi untuk segera membentuk kekebalan kelompok. 

“Tantangan kita ini adalah walaupun sekarang sudah melandai tapi kita antisipasi kemungkinan datangnya gelombang ketiga. Apalagi varian baru sekarang sudah merebak di Eropa bahkan sudah sampai di Malaysia, di Singapura. Sumut sangat dekat, tetangga dengan Malaysia dan Singapura. Ini menjadi perhatian,” tandasnya. 

Turut mendampingi Wapres, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Gubernur Sumut,  Edy Rahmayadi, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, Kepala BAZNAS, Noor Achmad, serta jajaran Forkopimda dan para bupati/wali kota di Sumut. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.