Dark/Light Mode

Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Darurat Bencana

Yuk, Ikut Kursus Online BNPB101

Jumat, 31 Mei 2019 17:06 WIB
BNPB turut memberikan pelatihan siaga bencana kepada para wartawan, medio April 2019. (Foto: IG @bnpb_indonesia)
BNPB turut memberikan pelatihan siaga bencana kepada para wartawan, medio April 2019. (Foto: IG @bnpb_indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia yang terletak di kawasan Cincin Api Pasifik, mempunyai tantangan ekstra untuk melindungi masyarakatnya dari ancaman risiko bencana.

Belum lagi, dampak pemanasan global dan pengaruh perubahan iklim pada wilayah perairan laut Indonesia, yang cenderung menimbulkan potensi terjadinya berbagai jenis bencana hidrometeorologi seperti banjir, kekeringan, cuaca dan gelombang ekstrem, abrasi, serta kebakaran hutan dan lahan.

Karena itu, peningkatan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi situasi kedaruratan bencana, adalah suatu keharusan.

Baca juga : Wow, Garuda Jualan Koper GPS Sampai Smart Band Umrah

Apalagi, survei menyebutkan, sebagian besar korban selamat adalah karena dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya, terutama keluarga. Bukan dari tim penolong.

Misalnya saja, dalam kejadian gempa bumi Hanshin-Awaji Jepang pada tahun 1995. Mereka yang berhasil selamat karena adanya penyelamatan mandiri berjumlah 34,9 persen. Yang selamat dengan bantuan anggota keluarga, berjumlah 31,9 persen.

Sisanya, 28,1 persen selamat karena pertolongan teman/tetangga; 2,6 persen selamat ditolong oleh orang yang pada saat kejadian dekat dengan korban; dan 1,7 persen dibantu oleh tim penyelamat.

Baca juga : Keamanan dan Ketertiban Umum Masih dalam Kendali TNI-Polri

Deretan fakta inilah yang kemudian melatarbelakangi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Indonesia X, untuk menggelar kursus BNPB101 "Keluarga Siaga Bencana", yang akan dimulai tepat di Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2019.

Kursus yang dibawakan langsung oleh para praktisi berpengalaman dari BNPB ini, memberikan pengetahuan kepada setiap keluarga tentang potensi ancaman bencana di sekitarnya, dan memberi keterampilan penyelamatan diri pada situasi darurat bencana.

Kursus online gratis yang digelar mulai 1 Juni hingga 7 Juli mendatang ini, hanya memakan waktu 1 jam per minggu. Selengkapnya, silakan klik www.indonesiax.co.id.

Baca juga : Yuk, Redam Potensi Konflik Di Pemilu!

So, tunggu apa lagi, ayo daftar kursusnya sekarang! [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.