Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mensos Pastikan Bansos PKH Di Sintang Kalbar Tersalurkan

Rabu, 8 Desember 2021 21:25 WIB
Presiden Jokowi didampingi Mensos, Tri Rismaharini menyerahkan bantuan sosial kepada warga korban bencana Kalimantan Barat, Rabu (8/12)
Presiden Jokowi didampingi Mensos, Tri Rismaharini menyerahkan bantuan sosial kepada warga korban bencana Kalimantan Barat, Rabu (8/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta kepada bank penyalur bansos agar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang lanjut usia diberi kesempatan dicairkan bantuannya terlebih dahulu. 

Hal itu disampaikan Mensos saat menyaksikan secara langsung pencairan bantuan sosial di Kantor Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12). 

“Bank penyalur harus mengutamakan terlebih dahulu bantuan kepada lanjut usia,” pintahnya. 

Baca juga : Jembatan Gladak Perak Putus Diterjang Lahar Dingin Semeru

Dalam kunjungannya, Mensos memberikan pesan-pesan khusus kepada penerima PKM."Dicairkan semua ya bu. Diambil semua saja. Untuk kepentingan dan kebutuhan ibu-ibu. Uangnya dihitung ya jangan sampai kurang nilainya," kata Mensos.

Mensos juga berpesan agar bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Tidak boleh untuk membeli rokok atau minuman keras," kata dia.

Kepada Pemerintah Daerah, Mensos  menyampaikan ajakannya untuk terus meningkatkan akurasi data."Karena data kan dinamis. Ada yang pindah, ada yang meninggal, atau mungkin sudah berubah klaster," katanya.

Baca juga : Kenaikan Cukai Idealnya Di Bawah 10 Persen

Terkait penanganan dampak bencana, Kementerian Sosial telah bergerak cepat memberikan penanganan. Melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kemensos bekerja sama dengan unsur-unsur penanganan bencana mendata masyarakat terdampak bencana, mengevakuasi kelompok rentan dari tempat kurang aman ke tempat aman, membuka dapur umum dan mendistribusikan bantuan logistik.

Mensos hadir keempat kalinya untuk memastikan masyarakat terdampak bencana menerima bantuan. Terkait dengan kehadiran Presiden, Mensos hadir di Kabupaten Sanggau dan Sintang di antaranya untuk mengecek kesiapan lumbung sosial. 

Di Kabupaten Sintang, Mensos mengecek kondisi lumbung sosial di Sekretariat Badan Kerja Sama Antar Daerah (BKAD), di dekat Kantor Kecamatan Tebelian, Kabupaten Sintang. Menjelang sore hari, Mensos juga mengecek kesiapan   sosial di Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.