Dark/Light Mode

Mensos Salurkan Bantuan ATENSI Kepada 382 Penerima Manfaat Di Palangkaraya

Kamis, 25 November 2021 14:00 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 382 orang Penerima Manfaat (PM) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (24/11). (Foto: Humas Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 382 orang Penerima Manfaat (PM) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (24/11). (Foto: Humas Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 382 orang Penerima Manfaat (PM) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (24/11).

Total bantuan ATENSI sebesar Rp 851.848.500 diserahkan Mensos secara simbolis di GOR Sanaman Mantikei, Palangkaraya.

Bantuan ATENSI diberikan kepada 382 penerima manfaat, yang meliputi bantuan tabungan kepada 31 anak yatim, piatu dan yatim-piatu, bantuan aksesibilitas bagi 26 penyandang disabilitas, serta bantuan kebutuhan dasar bagi 325 lansia.

Berita Terkait : Menteri Sofyan Sebar Ratusan Sertipikat Tanah Di Sukabumi

Mensos Risma membagikan makanan dan mainan kepada anak-anak. Sekaligus, memotivasi anak-anak penerima manfaat untuk tidak mudah menyerah dengan keadaan yang mereka hadapi.

"Yang paling diingat adalah bukan karena kalian pandai dan kaya, tapi kemauan. Kemauan adalah kuncinya. Tidak boleh ada kata menyerah karena kami memperhatikan kalian. Mulai sekarang kalian katakan saya pasti bisa," tutur Risma.

Ia mengatakan, tiap anak penerima manfaat akan memperoleh bantuan sebesar Rp 200 ribu. "Tiap bulan tabungan kalian akan diisi, jadi jangan sampai hilang. Bisa dicek, tiap bulan dapat Rp 200.000," ungkapnya.

Berita Terkait : Moeldoko Jenderal Rakyat Yang Rela Buka Kupingnya

Menurutnya, tabungan ini bisa digunakan untuk biaya sekolah. "Kalian tidak boleh berhenti sekolah. Itu untuk biaya sekolah kalian," tegas mantan Wali Kota Surabaya ini.

Nuraini (15), pelajar SMK 3 Palangkaraya mengaku senang menerima bantuan ATENSI dari Kemensos. Sepeninggal kedua orangtuanya, gadis yang bercita-cita menjadi desainer ini tinggal bersama kakaknya. "Bantuan ini akan saya gunakan untuk biaya sekolah. Terima kasih, Bu Mensos," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Rohaimi. Pria asal Kapuas tersebut menerima bantuan kursi roda senilai Rp 1.650.000. "Alhamdulillah, dengan bantuan ini bisa saya gunakan untuk modal dagang," ucap ayah dari 2 anak yang kesehariannya berjualan keripik tempe dan pisang.

Berita Terkait : BIN Geber Vaksinasi Massal Di Maluku Tenggara

Sebelum berjumpa dengan anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu, Mensos Risma mengunjungi para pengungsi korban banjir di kompleks yang sama. Dia mengecek kondisi para penyintas banjir serta menanyakan apa saja kebutuhan mereka yang dirasakan kurang.

Selain itu, Risma juga membagikan sembako, makanan dan mainan kepada anak-anak. Dia tampak bergembira saat bermain dan bernyanyi bersama anak-anak dengan iringan lagu.

Keceriaan bertambah ketika Mensos Risma memberikan hadiah kepada anak-anak yang bisa menebak pertanyaan yang diberikan. Kepada anak-anak, dia berpesan agar rajin belajar dan tidak lupa berdoa. "Kalau mau meraih cita-cita tinggi, harus belajar dan tidak lupa berdoa," pesan Risma.
 Selanjutnya