Dark/Light Mode

Terbangun 78 Penyalur, Program BBM Satu Harga Lebihi Target

Jumat, 17 Desember 2021 13:55 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial (tengah) saat meresmikan penyalur BBM Satu Harga di Aceh, Kamis (16/12/2021). (Foto: Humas BPH Migas)
Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial (tengah) saat meresmikan penyalur BBM Satu Harga di Aceh, Kamis (16/12/2021). (Foto: Humas BPH Migas)

 Sebelumnya 
Sejak Tahun 2017 sampai dengan 2020 capaian program BBM 1 Harga sebanyak 253 Penyalur. Adapun target Tahun 2021 adalah 76 Penyalur. Untuk pembangunan tahun 2021, Pada tanggal 9 Juni 2021 telah dilaksanakan peresmian secara serentak sebanyak 27 Penyalur BBM 1 harga yang dilaksanakan di TBBM Pontianak, Kalimantan Barat, kemudian pada tanggal 16 September 2021 telah dilaksanakan peresmian secara serentak sebanyak 17 penyalur BBM 1 Harga yang dilaksanakan di Lombok Tengah oleh Bapak Menteri ESDM.

Pada minggu ini juga telah dilaksanakan peresmian sebanyak 21 penyalur BBM 1 Harga yang dilaksanakan di Banjarmasin–Kalimantan Selatan, Bitung–Sulawesi Utara, Gorontalo dan Ambon–Maluku.

Baca juga : Pertamina Resmikan 9 Titik Lembaga Penyalur BBM 1 Harga Di Papua Dan Ambon

“Untuk Program Tahun 2021, target pembangunan penyalur BBM 1 Harga sebanyak 76 Penyalur, dimana realisasi pembangunan mencapai 78 penyalur. Sebanyak 44 Penyalur telah dilaksanakan peresmian pada bulan Juni dan September 2021.

Baca juga : Program Designers Lab Bangun Ekosistem Startup yang Lebih Kuat di Jakarta

Untuk Sisa 34 Penyalur BBM 1 Harga akan dilaksanakan peresmian pada beberapa lokasi, antara lain Terminal BBM Bitung, Terminal BBM Banjarmasin, Terminal BBM Wayame Ambon, Gorotalo Utara, Aceh Singkil dan Terminal BBM Tenau Kupang,” ujar Komite BPH Migas Komite BPH Migas Harya Harya Adityawarman.

Sesuai amanat dalam Perundang-undangan, BPH Migas mempunyai tugas untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak dan pengangkutan Gas Bumi di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Stafsus Milenial Presiden: Kepuasan Publik Picu Kerja Lebih Giat

“Untuk Menjamin ketersediaan BBM dengan harga yang terjangkau di seluruh wilayah NKRI, Pemerintah saat ini melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 telah mengamanatkan kepada BPH Migas untuk mengawal pelaksanaan program BBM 1 Harga melalui penugasan terhadap Badan Usaha Penerima Penugasan untuk melaksanakan pembangunan penyalur BBM 1 Harga pada Lokasi Tertentu yang telah ditetapkan,” tutup Harya. [TIM/IAN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.