Dark/Light Mode

Program Designers Lab Bangun Ekosistem Startup yang Lebih Kuat di Jakarta

Selasa, 14 Desember 2021 11:20 WIB
Program Designers Lab Bangun Ekosistem Startup yang Lebih Kuat di Jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Jakarta dan Berlin memulai sertifikasi dan penutupan Program Designers Lab. Program tersebut merupakan sarana pelatihan bagi Startup Support Organizations (SSOs) untuk menerapkan program kewirausahaan bagi startup di Jakarta, ditutup dengan Demo Day dan Upacara Sertifikasi pada hari Kamis (9/11) lalu.

Program yang dilaksanakan sejak Agustus 2021 ini berhasil menghimpun 24 SSO dari berbagai latar belakang, seperti inkubator, akselerator, startup studio, pusat kewirausahaan berbasis universitas dan inkubator binaan pemerintah pusat, untuk tidak hanya membangun koneksi antar SSO dan dengan Jakarta Smart City, tetapi juga untuk meningkatkan kapasitas melalui 3 rangkaian bootcamp yang melibatkan 14 mentor dan pakar dari nasional dan internasional.

Baca juga : Pria Di AS Bakar Rumah Buat Usir Ular

Direktur Jakarta Smart City, Yudhisthira Nugraha, D.Phil pada media mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Negara Bagian Berlin bersama-sama melaksanakan proyek “Smart Change”, yang didanai oleh Uni Eropa, untuk meningkatkan pembangunan perkotaan terpadu melalui kemitraan antar kedua kota tersebut. Kemitraan ini mendukung Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan dengan mempercepat transformasi digital dan program transformasi Kota 4.0 di Jakarta. Bekerja sama dengan Prasetia dan Ecoxyztem, program ini mengkatalisasi 6 finalis SSO dalam mengembangkan proposal kolaboratif untuk mengimplementasikan inisiatif di kota lapis kedua atau ketiga di Indonesia. Dalam Demo Day tersebut, Jakarta Smart City mensertifikasi 24 SSO untuk meningkatkan ekosistem kewirausahaan di Jakarta. Acara ini sendiri merupakan bagian dari Jakarta Future City Forum 2021.

“Smart City tidak hanya tentang teknologi tetapi juga tentang bagaimana kami membangun ekosistem melalui kolaborasi dan keterlibatan dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kolaborasi dengan Startup Support Organization. Dengan acara ini Jakarta Smart City mengucapkan terima kasih dan selamat kepada 24 Startup Support Organization yang telah menyelesaikan tiga rangkaian bootcamp untuk membawa lebih banyak kualitas, harmonisasi dan standarisasi lanskap dukungan startup serta menghubungkan para pemangku kepentingan utama di ekosistem kewirausahaan Jakarta. Kami ingin secara resmi mengesahkan dan membangun kolaborasi yang lebih kuat dengan 24 Startup Support Organization, dan semoga kerjasama ini membawa dampak yang lebih besar bagi seluruh warga DKI Jakarta,” ungkap Yudhisthira Nugraha.

Baca juga : Sudah Diimingi Duit, Warga Masih Malas Pilah Sampah

Keenam finalis Startup Support Organizations yang telah terkatalisasi masuk ke fase Demo Day adalah Apiary, New Energy Nexus Indonesia, Social Innovation Acceleration Program (SIAP), konsorsium Supernova Ecosystem-Easybiz, dan SociopreneurID. Semua telah terpilih sebagai 6 SSO teratas yang mengajukan program proposal yang memiliki potensi penerapan program teknologi hijau atau iklim di kota-kota lapis kedua dan ketiga di Indonesia.

Pemenang hari demo akan mendapatkan penghargaan kolaborasi dengan GIZ - MAKE IT Alliance untuk mengimplementasikan program yang telah melalui dua langkah evaluasi proposal. Lebih lanjut, penutupan Program Designers Lab (PDL) memberikan kesempatan berjejaring bagi semua peserta SSO PDL untuk terhubung dengan pendukung ekosistem, dan lebih lanjut menciptakan dampak di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

Baca juga : Kurangi Emisi Karbon, Indonesia Gercep Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

“Kami senang dan bangga menjadi bagian dari penyelenggara sekaligus tonggak sejarah besar dalam pembangunan ekosistem startup dan kewirausahaan yang lebih kuat di Jakarta. Kami dari Ecoxyztem dan Prasetia telah belajar banyak dari semua peserta inspiratif yang berasal dari 24 SSO dan ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama serta dukungan dari Smart Change, dan tim Jakarta Smart City. Mari jaga relasi untuk tetap hidup dan tingkatkan dampaknya melalui kolaborasi yang komprehensif terutama untuk mengatasi tantangan yang akan kita hadapi pascapandemi COVID 19” tambah CEO Ecoxyztem, Jonathan Davy. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.