Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Hari Kedua Lebaran, Menhub Silaturahmi dengan Pengemudi Bis

Kamis, 6 Juni 2019 18:28 WIB
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (kemeja putih bertopi) di hari kedua Idul Fitri bersilaturahmi dengan para pengemudi bis dengan makan siang bersama di Jakarta, Kamis (6/6). (Foto: Humas Kemenhub).
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (kemeja putih bertopi) di hari kedua Idul Fitri bersilaturahmi dengan para pengemudi bis dengan makan siang bersama di Jakarta, Kamis (6/6). (Foto: Humas Kemenhub).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di hari kedua Idul Fitri, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memanfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi.

Bukan hanya dengan para kerabat dan para Menteri Kabinet Kerja, Menhub di hari kedua Idul Fitri bersilaturahmi dengan para pengemudi bis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (6/6).

Menhub mengatakan selain bersilaturahmi dengan para pengemudi bis AKAP ini, pihaknya juga ingin mendengarkan aspirasi langsung dari para pengemudi bis sambil bersantap siang satu meja.

Baca juga : Hari Kedua Lebaran, Tol Japek & Tol Jagorawi Macet Parah

“Pengemudi bis adalah pahlawan transportasi karena di tengah kita senang-senang di rumah mereka tetap mengemudi, kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem yang besar. Oleh karenanya saya sengaja ajak makan beberapa pengemudi untuk menangkap aspirasi mereka,” kata Menhub.

Kamis (6/6) siang, Menhub mengaku senang dengan pendapatan pengemudi yang naik pada masa angkutan Lebaran. Bahkan Menhub menyebut pendapatan pengemudi bis di atas UMR.

“Alhamdulillah penghasilan mereka lumayan, dia dapat kira-kira Rp 200.000 sampai Rp 250.000 (sekali jalan). Jadi, mereka dapat di atas UMR.  Semuanya bilang alhamdulillah,” ujar Menhub.

Baca juga : Semoga Damai Idul Fitri Berlanjut ke Sidang Sengketa Pemilu di MK

Selain mendengarkan aspirasi pengemudi, Menhub juga menghimbau agar para pengemudi bus tetap menjaga kesehatan selama bertugas. Selain kelaikan bus, kesehatan pengemudi juga menjadi faktor penting dari aspek keselamatan yang harus dijaga.

Pada kesempatan tersebut, Menhub sempat meninjau Posko Pelayanan Kesehatan dan area tempat bermain anak di Terminal Kampung Rambutan.

Menhub mengapresiasi fasilitas di Terminal Kampung Rambutan, dan mereka yang tetap bertugas pada masa Angkutan Lebaran 2019.

Baca juga : Lebaran Hari Pertama, Prabowo Silaturahmi Ke Cendana

“Lihat di sini tadi ada bermain anak, bagus. Ini suatu inovasi karena memang banyak anak-anak yang mungkin jenuh. Saya senang di Pos Kesehatan, mereka begitu care menanyakan penumpang yang sedang sakit, mengukur tensi, dan memberikan obat. Ini suatu kerja sama yang baik antara pelayan-pelayan masyarakat dengan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Menhub yang didampingi Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono, Pejabat Dinas Perhubungan DKI Jakarta, serta sejumlah pejabat terkait,  juga sempat memastikan kelaikan salah satu bis AKAP dengan duduk langsung di kursi pengemudi. Sekaligus menyapa sejumlah penumpang bis. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.