Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

H-2 Lebaran

Jalur Pantura Ramai Lancar, UPPKB Losarang Dipadati Pemudik

Senin, 3 Juni 2019 13:10 WIB
Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi (kanan) melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di daerah Cirebon-Indramayu, Senin (3/6). (Foto: Humas Ditjen Hubdat).
Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi (kanan) melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di daerah Cirebon-Indramayu, Senin (3/6). (Foto: Humas Ditjen Hubdat).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jalur Pantura merupakan salah satu jalur alternatif yang sering digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Menginjak H-2 menjelang Lebaran 1440 H, kondisi lalu lintas di dalam kota Cirebon terpantau ramai lancar.

Untuk memastikan kondisi arus lalu lintas dalam kondisi terkendali, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di daerah Cirebon-Indramayu.

Demikian pula kondisi sepanjang jalan Pantura di ruas Arjawinangun-Jatibarang-Lohbener, Indramayu sampai pukul 08.30 dalam kondisi ramai lancar. Pemudik yang melintasi di jalur ini didominasi oleh kendaraan pribadi roda dua dan roda empat.

Baca juga : Gelar Mudik Gratis, AP II Berangkatkan 2.640 Pemudik

Dari data arus mudik pada Jalan Nasional Non Tol, pada titik Balonggandu saat H-3 Lebaran kemarin terdapat 73.952 kendaraan roda dua dan 32.021 kendaraan roda empat yang melintas ke arah keluar Jabodetabek.

Secara keseluruhan sejak H-7 sampai H-3 di jalur Balonggandu terdapat lonjakan kendaraan roda dua sebanyak 172 persen dan kendaraan roda empat (mobil kecil) sebanyak 953 persen.

“Hari ini saya mengunjungi Cirebon dan melewati jalur Pantura, sampai pagi ini jalanan terpantau lancar. Mulai dari tadi malam sampai pagi ini saya lihat tidak ada lonjakan jumlah kendaraan yang signifikan,” jelas Dirjen Budi pada Senin (3/6) pagi.

Kondisi cuaca hari ini juga terlihat cerah berawan dengan suhu 29 derajat. Lebih lanjut lagi Dirjen Budi menyatakan kemungkinan tidak adanya kepadatan ini karena puncak arus mudik sudah lewat.

Baca juga : BGR Logistics Berangkatkan Ratusan Pemudik

“Puncak arus mudik sudah terlewati yakni pada tanggal 31 Mei-2 Juni kemarin. Jumlah pemudik ke Cirebon juga cukup banyak setelah besar di Jawa Barat seperti Bandung, Bogor, atau Garut,” jelas Dirjen Budi.

Meski demikian Dirjen Budi mengimbau para pemudik untuk tetap berhati-hati selama perjalanan meski tidak ada kemacetan.

“Kalau memang perjalanan lancar, tetap jaga jarak Anda serta patuhi rambu-rambu lalu lintas. Saya juga minta untuk berhati-hati dan mewaspadai adanya pasar tumpah di kanan-kiri jalan,” ujar Dirjen Budi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi (tengah) bersama jajarannya dan petugas kepolisian, siap mengatur lalu lintas mudik di jalur Pantura, Senin (3/6). (Foto: Humas Dirjen Hubdat).

UPPKB Difungsikan Menjadi Rest Area Bagi R2 Dalam pantauannya di Cirebon- Indramayu, Dirjen Budi singgah ke Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Losarang di Kabupaten Indramayu yang sejak H-7 dijadikan pos pelayanan terpadu pemudik dan rest area bagi pengendara roda 2.

Baca juga : Hadapi Arus Mudik di Jalur Pantura, Pemkab Bekasi Siapkan Langkah Jitu

“Kami menutup UPPKB untuk dijadikan rest area bagi pengendara roda dua. Fasilitas yang disediakan ada pijat gratis, makanan dan minuman gratis, juga ruang istirahat disediakan oleh Satlantas Polres Indramayu. Saya kira kita harus konsisten untuk meningkatkan pelayanan agar semakin banyak masyarakat yang tahu dan mau beristirahat di sini,” kata Dirjen Budi di UPPKB Losarang.

Salah satu pemudik yang berbincang dengan Dirjen Budi, Abdur Rojak mengungkapkan, “Saya dan keluarga akan mudik ke Jagapura, Cirebon merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya rest area ini sehingga kami sekeluarga bisa beristirahat,” ujar Abdur Rojak saat tengah beristirahat di Losarang bersama istri dan kedua anaknya.

Di Losarang ini, pemudik dapat beristirahat sejenak dan mampir ke beberapa posko yang disediakan oleh berbagai instansi dan Kementerian. Pemudik dapat menikmati rest arra di Losarang ini hingga H+7 mendatang. Kapasitas parkir UPPKB Losarang ini mampu menampung hingga 1.000 motor.

”Saya sangat berharap pemerintah daerah khususnya Bupati setiap tahun mau berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian untuk meningkatkan pelayanan di jembatan timbang terutama sepeda motor,” tutup Dirjen Budi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.