Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wujudkan Perlindungan Anak, Menteri Bintang Apresiasi Efektivitas Vaksinasi

Selasa, 28 Desember 2021 18:58 WIB
Menteri Bintang (tengah belakang) dalam kunjungannya ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Selasa (28/12)
Menteri Bintang (tengah belakang) dalam kunjungannya ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Selasa (28/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengapresiasi efektivitas vaksinasi yang dilakukan kepada anak berusia 6-11 tahun dan 12-17 tahun untuk mendukung pemenuhan hak anak dan mewujudkan perlindungan bagi anak.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mendukung program pemberian sembako kepada masyarakat yang mau divaksin, termasuk didalamnya berasal dari kalangan rentan perempuan dan anak.

“Kami dari jajaran Kemen PPPA mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu sejahtera," ujar Menteri Bintang dalam kunjungannya ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Selasa (28/12).

Berita Terkait : Lantik 306 Pejabat Fungsional, Kemendagri Apresiasi Pemprov Sulsel

Menteri Bintang menyampaikan apresiasi kepada Bupati bupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Bapak Junaedi yang telah meluncurkan inovasi terkait program vaksinasi melalui moto ‘Yes Vaksin, Yes Sembako.

Menteri Bintang menegaskan dalam Undang-Undang Penanggulangan Bencana, ibu hamil dan menyusui serta anak, penyandang disabilitas dan lansia dikategorikan sebagai kelompok rentan yang harus dilindungi melalui pemberian prioritas penyelamatan, evakuasi, pengamanan, pelayanan kesehatan dan psikososial.

Pandemi Covid-19 sebagai bencana non alam, turut memberikan dampak negatif paling banyak kepada kelompok rentan terutama kepada anak.

Berita Terkait : Suntikan Kekebalan Anak Usia 6-11 Tahun Dorong Laju Vaksinasi Covid-19

Hal tersebut dikarenakan belum semua usia anak dapat divaksinasi, sementara anak di bawah 2 tahun belum diperbolehkan menggunakan masker.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Junaedi menegaskan capaian vaksinasi Kepulauan seribu yang sudah sangat efektif dan mendapat penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Junaedi menyampaikan diantara 260 siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pagi yang berusia 6-11 tahun, 255 diantaranya sudah divaksin, sementara sisanya berhalangan karena penyakit yang diderita dan karena jarak domisili.

Berita Terkait : Jelang Nataru, Mendagri Minta Kepala Daerah Antisipasi Kegiatan Yang Picu Kerumunan

“Pelaksanaan vaksinasi di Kepulauan Seribu saat ini termasuk Kabupaten yang paling tinggi capaiannya. Untuk anak berusia 6-11 tahun di Kabupaten Kepulauan Seribu mencapai 85,6 persen, sementara di Pulau Untung Jawa sudah mencapai 97,8 persen,” jelasnya.

Ketua Komite III DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI, Sylviana Murni menambahkan pentingnya kolaborasi antar instansi dalam mengatasi kendala yang terjadi dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.
 Selanjutnya