Dewan Pers

Dark/Light Mode

Erick Akan Luncurkan 5G Mining Di Freeport Mei 2022

Minggu, 9 Januari 2022 20:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir akan meluncurkan 5G Mining di tambang PT Freeport pada Mei tahun ini. 5G Mining merupakan teknologi baru di sektor pertambangan hasil kolaborasi antara Freeport dengan Telkom Group

"5G Mining kita akan luncurkan sebagai negara pertama di Asia Tenggara pada tahun ini di bulan Mei," ujar Erick, saat menyampaikan pidato kunci di Universitas Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Minggu (9/1), seperti dikutip Antara.

Berita Terkait : Tim Voli Pertamina Lubricants Siap Tanding Di Proliga 2022

Erick menjelaskan, alasan diluncurkannya 5G Mining karena di bagian dalam pertambangan manusia sulit bekerja tanpa bantuan alat. Yang bekerja di tambang-tambang dalam adalah autonomous vehicle dan robotik. Para pekerja mengendalikan robot dari jarak jauh untuk melakukan penambangan di tambang dalam.

Sebelumnya, Erick mengatakan, PT Freeport bekerja sama dengan Telkom Group akan menghadirkan teknologi 5G Mining. Erick sangat berharap Presiden Jokowi dapat hadir di Freeport untuk meresmikan 5G Mining, mengingat hal ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Berita Terkait : 200 Atlet Bakal Ramaikan Grand Final Piala Presiden Esport 2021

Selain untuk menjaga keamanan operasional, 5G Mining juga berfungsi untuk meningkatkan konektivitas integrasi dengan penerapan hyper connect network. Rencananya, alat ini akan dibantu dengan ada kecanggihan autonomous car atau autonomous truck. [USU]