Dark/Light Mode

Vaksinasi Sudah Tembus 81,7 Persen, Booster Dimulai 12 Januari

Senin, 10 Januari 2022 21:01 WIB
Presiden Jokowi saat menyaksikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi saat menyaksikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Capaiannya pun sangat memuaskan. Saat ini, capaian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 81,7 persen.

Dari jumlah itu, sebanyak 256 kabupaten/ kota telah mencapai di atas 70 persen untuk cakupan dosis pertama umum dan 60 persen cakupan dosis pertama lansia. Sementara, laju rata-rata vaksinasi dalam sepekan terakhir adalah 766.830 dosis persen hari. 

Baca juga : Cek Di Sini, Aturan Terbaru Masuk RI, Berlaku Efektif 7 Januari

Pemerintah menargetkan, vaksinasi dosis primer lengkap selesai pada kuartal II-2022, dengan rata-rata sebesar 1,2 juta persen hari. Mengenai pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan (booster), direncanakan dimulai pada 12 Januari 2022.

“Vaksin booster yang sudah mendapatkan EUA (Emergency Use Authorization/izin penggunaan darurat) dari BPOM yaitu vaksin Sinovac/CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax. Berdasarkan hasil kajian, booster itu akan diberikan pada sasaran usia 18 tahun ke atas,” Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan pers usai Ratas Evaluasi PPKM, di Istana Merdeka Jakarta, Senin (10/1).

Baca juga : Jokowi Putuskan Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari 2022

Airlangga menambahkan, untuk Vaksin Merah Putih, sudah ada beberapa yang masuk pada tahap uji coba. Seperti vaksin Unair-Biotis serta vaksin BUMN-Baylor.

Terkait perkembangan Vaksin Nusantara, kata Airlangga, akan terus didorong. Pelaksanaannya diterapkan di RS, tetapi implementasinya agak berbeda karena berbasis pelayanan dalam bentuk imunoterapi untuk meningkatkan imunitas. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.