Dark/Light Mode

Sanksinya Sudah Dicabut

Hore, Merah Putih Boleh Berkibar Lagi

Kamis, 23 Desember 2021 07:20 WIB
Suporter Indonesia dibolehkan membawa bendera Merah Putih dalam gelaran sepak bola Piala AFF 2022. (Foto: Dok. PSSI)
Suporter Indonesia dibolehkan membawa bendera Merah Putih dalam gelaran sepak bola Piala AFF 2022. (Foto: Dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Merah Putih yang berkali-kali dilarang berkibar meski atlet kita juara, kini bisa berkibar lagi. Hal itu bisa dilihat dalam gelaran sepak bola Piala AFF 2022, yang digelar di Singapura. Larangan suporter Indonesia membawa bendera nasional dalam pertandingan sepak bola se-ASEAN itu, kini sudah dicabut. Hal ini pun disambut gembira publik di Tanah Air.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) melarang suporter Indonesia dan Thailand membawa bendera nasional masing-masing saat mendukung timnas mereka bertanding. Penyebabnya, Indonesia dan Thailand masih kena sanksi dari Badan Doping Dunia (WADA), karena ketidakpatuhan pada kode anti-doping.

Baca juga : Pak Menpora, Sampai Kapan Harus Begini..?

Menyikapi hal ini, Federasi Sepakbola ASEAN alias AFF bergerak cepat menjalin komunikasi dengan Badan Anti Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO) dan WADA. Komunikasi itu sukses. Beberapa jam sebelum pertandingan semifinal leg pertama antara Singapura vs Indonesia, AFF membawa kabar gembira. Suporter Indonesia sudah dibolehkan membawa atribut bendera masing-masing. Thailand juga sama. AFF memastikan, permasalahan itu sudah beres dan sudah dikomunikasikan dengan SEARADO dan WADA.

"AFF telah menghapus embargo yang mungkin dikenakan kepada penggemar Thailand dan Indonesia untuk mengibarkan Bendera Nasional mereka di dalam stadion. AFF mengucapkan terima kasih kepada SEARADO dan WADA atas asistensi dan sarannya dalam masalah ini, dan kami memohon maaf atas kejadian ini," tulis pernyataan resmi AFF.

Baca juga : Skema Booster Masih Dikaji, Sabar

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali lega mendapat kabar dari AFF tersebut. Keputusan itu tentu menjadi suntikan semangat tersendiri bagi suporter maupun pemain di lapangan, ketika Merah Putih berkibar.

"Penjelasan dari pihak AFF itu melegakan. Karena para pendukung atau suporter Timnas kita diperbolehkan membawa bendera atau yang sejenisnya ke dalam stadion untuk membangkitkan semangat. Saya berharap, para suporter kita tetap menaati tata tertib di dalam stadion sambil memberikan dukungan kepada Timnas kita," kata Amali, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.