Dark/Light Mode

Jokowi: Pers Indonesia Tak Boleh Terjebak Pada Sikap Pragmatis

Rabu, 9 Februari 2022 10:48 WIB
Jokowi: Pers Indonesia Tak Boleh Terjebak Pada Sikap Pragmatis

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memahami beratnya tekanan yang dialami industri pers nasional dalam dua tahun terakhir, yang antara lain disebabkan oleh pandemi Covid.

"Saya tahu, dalam dua tahun terakhir, industri pers nasional memgalami tekanan yang luar biasa berat. Mengatasi tekanan akibat pandemi, disrupsi digital, serta tekanan platform raksasa asing yang menggerus potensi ekonomi dan pengaruh medis-media arus utama," ujar Jokowi dalam acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional yang disampaikan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (9/2).

Baca juga : Peringatan HPN, FPKB : Media Jangan Terjebak Pada Clickbait

Jokowi menyebut, perubahan drastis lanskap persaingan media melahirkan berbagai persoalan pelik. Yang ditandai oleh munculnya sumber-sumber informasi alternatif, tumbuh suburnya tren informasi yang semata mengejar jumlah klik/view, membanjirnya konten yang hanya mengejar viral, masifnya informasi yang menyesatkan, bahkan cenderung adu domba, sehingga menimbulkan kebingungan dan perpecahan.

Dalam kondisi penuh tekanan ini, Jokowi meminta media arus utama untuk secepatnya bertransformasi, semakin inovatif, meningkatkan teknologi, serta mengakselerasi pertumbuhan yang sehat.

Baca juga : Malam Ini, Bali United Siap Panaskan Papan Atas

"Media arus utama harus membanjiri kanal-kanal dan platform-platform dengan berita2 baik, mencerdaskan dan mengisi konten-konten berkualitas, dan menjadikan kepercayaan dan integritas sebagai modal untuk merebut peluang yang ada," tuturnya.

Jokowi menambahkan, pers Indonesia harus mampu memperbaiki kelemahan-kelemahan sambil melanjutkan agenda-agenda besar bangsa.

Baca juga : Lawan Bhayangkara, Beckham Pantang Jiper

Di samping terus menguatkan pijakan untuk melompat lebih tinggi, dan mampu berselancar di tengah perubahan mempercepat transformasi digital untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas, lebih cepat dan akurat. Serta tidak terjebak pada sikap pragmatis yang menggerus integritas kita. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.