Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Cold Storage Di Jaktim, Mentan Pastikan Pasokan Daging Sapi Aman

Kamis, 3 Maret 2022 16:09 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat inspeksi ke Cold Storage daging beku milik PT Indoguna Utama di Jakarta Timur, Rabu (2/3)/Ist
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat inspeksi ke Cold Storage daging beku milik PT Indoguna Utama di Jakarta Timur, Rabu (2/3)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah berkunjung ke peternakan sapi di wilayah Tangerang, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) lanjut melakukan inspeksi ke Cold Storage atau Tempat Penyimpanan daging beku milik PT Indoguna Utama di wilayah Pondok Bambu, Jakarta Timur (Jaktim). 

Hal tersebut dia lakukan untuk memastikan ketersediaan daging sapi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat aman dan tercukupi. 

PT Indoguna Utama merupakan perusahaan dengan produk utamanya adalah daging sapi impor dari Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Saat ini ketersediaan daging sapi di cold storage milik PT Indoguna sebanyak 18.000 ton, yakni 8.000 ton berada gudang bambu apus Jakarta Timur dan 10.000 ton di gudang Cikupa, Tangerang.

Dalam kunjungannya, SYL menyampaikan, hari ini dia mengunjungi dua lokasi untuk memvalidasi data sesuai arahan Presiden terkait ketersediaan daging sapi.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Melonjak, Pertamina Pastikan Pasokan Energi Tetap Aman

“Ketersediaan daging dan sapi secara hitung-hitungan cukup bahkan sampai Maret, April hingga Mei ada over stockyang cukup, baik dari sapi bakalan yang tadi kita lihat di Tangerang maupun sapi pedaging yang siap potong,” ucap SYL.

“Di tempat ini, PT Indoguna Utama yang pemiliknya Pak Efendi mengatakan siap, bahkan jika harus dilakukan operasi pasar, kami akan banyak melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, SYL mengatakan, di tingkat supplier utama atau distributor utama harga masih dalam kendali, rangenya dinamika masih cukup. 

“Ini karena ada kepanikan dan ketakutan yang sengaja diisukan terkait dengan distribusi”, ujar SYL. 

Baca juga : Tinjau TC Timnas U-19, Menpora Sampaikan Salam Dari Jokowi

Karena itu, pihaknya akan memperkuat distribusi ke pasar-pasar utama, sehingga antara data dan validasi yang ditemukan sama semua.

Hal ini, menurutnya, sesuai arahan Presiden agar semua menteri mempersiapkan ketersediaan dan divalidasi semua.

Berdasarkan update data per 2 Maret 2022, hasil pendataan dan verifikasi secara faktual data ketersediaan daging sapi/kerbau bulan Maret hingga Mei 2022 sebanyak 234.091,2 ton. Sedangkan kebutuhan sebanyak 202.937,8 ton, sehingga masih ada surplus sebanyak 31.153,4 ton. 

SYL mengatakan, komposisi ketersediaan daging tersebut terdiri dari: (1). Produksi Sapi/Kerbau Lokal sebanyak 445.884 ekor atau setara daging 80.268,0 ton; (2). Total Sapi Bakalan Impor siap potong pada bulan Maret-Mei sebanyak 143.464 ekor atau setara daging 27.500,6 ton; (3). Daging Sapi/Kerbau beku impor sebanyak 95.114,8 ton. 

Baca juga : Kunjungi Peternakan Di Tangerang, Mentan: Stok Sapi Siap Potong Aman Hingga Lebaran

Menurutnya, validasi data prognosa ketersediaan dan kebutuhan daging sapi/kerbau ini secara periodik telah dibahas bersama dengan Kementerian dan Lembaga terkait lainnya, serta assosiasi peternakan. 

Secara keseluruhan, tidak ada masalah dengan ketersediaan daging sapi kita, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan termakan isu yang tidak benar.

“Insya Allah, ketersediaan daging sapi/kerbau hingga Ramadhan dan Idul Fitri aman dan tercukupi,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.