Dark/Light Mode

Sidak Ke Batam, Jerry Pastikan Stok Dan Harga Migor Aman

Senin, 28 Februari 2022 16:02 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan sidak pasokan minyak goreng ke Pasar Puja Bahari dan Pasar Bida Trade Centre (BTC) di kota Batam. (Foto: Ist)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan sidak pasokan minyak goreng ke Pasar Puja Bahari dan Pasar Bida Trade Centre (BTC) di kota Batam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melakukan sidak pasokan minyak goreng ke Pasar Puja Bahari dan Pasar Bida Trade Centre (BTC) di kota Batam. Jerry mengapresiasi kerja sama semua pihak sehingga pasokan minyak goreng di Batam terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

Menurutnya, implementasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) mengenai harga eceran tertinggi untuk 3 jenis minyak goreng hanya akan terlaksana dengan baik jika didukung oleh semua pihak.

Beberapa pihak yang diapresiasi oleh Wamendag adalah Wali Kota Batam, para pengusaha baik produsen, distributor maupun pedagang, serta jajaran tim Kemendag yang turun langsung untuk memantau distribusi minyak goreng.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

"Tidak lupa tentu kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang turut menunjang kerja sama antar stakeholder sehingga suplai dan harga minyak goreng aman di Kepri, khususnya Batam," katanya, dikutip Senin (28/2).

Jerry menilai, pengusaha dari tingkat produsen, distributor hingga pedagang memegang peran penting karena mereka yang memegang rantai pasok semua produk termasuk minyak goreng.

Sementara pemerintah, mulai dari Pemerintah Kota, Pemerintah Provinsi, hingga Kemendag memberikan fasilitas dan berbagai upaya untuk di sektor regulasi dan pengawasan.

Baca juga : PDIP Puji Keberhasilan Pemerintah Jokowi Dan Amin

Dalam pantauan Jerry, minyak goreng di kota Batam mengikuti ketentuan harga eceran tertinggi. Untuk minyak goreng kemasan tipe premium dijual dengan harga Rp 14.000 per liter.

Dua tipe minyak goreng lain, yaitu tipe kemasan biasa dan tipe curah juga dijual dengan mengikuti ketentuan mengenai harga eceran tertinggi. 

Secara keseluruhan, Jerry melihat sistem rantai pasok minyak goreng di Batam sudah berjalan dengan sangat baik. Hal itu terjadi baik di pasar rakyat maupun pasar modern.

Baca juga : Kementan Bina Peternakan Santri Milenial

"Tentu ada beberapa tantangan, tetapi secara keseluruhan saya kira sudah baik. Saya sudah mendengar beberapa kemungkinan perbaikan dan kami siap untuk berkoordinasi lintas kementerian nanti agar perbaikan itu bisa terwujud," harap Jerry.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.