Dark/Light Mode

Jokowi Terima PM Papua Nugini, Bahas Kerja Sama Kelistrikan Sampai Pembukaan Penerbangan

Kamis, 31 Maret 2022 13:30 WIB
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana saat menerima PM Papua Nugini dan istri, di Istana Bogor, Kamis (30/3). (Foto: Setkab.go.id)
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana saat menerima PM Papua Nugini dan istri, di Istana Bogor, Kamis (30/3). (Foto: Setkab.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape beserta Ibu Rachael Marape, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/3). 

Seperti dikutip setkab.go.id, PM Marape memasuki Kompleks Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.15 WIB diiringi pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia, pasukan berkuda, dan marching band. Setiba di Istana, PM Marape dan Ibu Rachael langsung disambut Presiden Jokowi dan Ibu Iriana untuk kemudian mengikuti upacara penyambutan resmi.

Baca juga : Icon+, Anak Usaha PLN Buka Lowongan Kerja, Simak Posisi Dan Syaratnya

Selanjutnya, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi masing-masing. Dari Indonesia tampak Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, dan Duta Besar RI untuk Papua Nugini Andriana Supandy. Sementara, dari Papua Nugini tampak hadir Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Internasional, Menteri BUMN, Menteri Pertahanan, dan Kepala Perwakilan Kedutaan Papua Nugini di Indonesia.

Kemudian, Presiden Jokowi dan PM Marape serta Ibu Iriana Jokowi dan Ibu Rachael Marape memasuki Istana untuk melaksanakan foto bersama yang dilanjutkan dengan penandatanganan buku tamu.

Baca juga : Bamsoet Dorong Komika Sampaikan Pesan Kebangsaan

Rangkaian pertemuan dilanjutkan dengan veranda talk dan penanaman pohon cendana di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Penanaman pohon ini merupakan sebuah tradisi saat menerima kunjungan tamu negara di Istana Kepresidenan Bogor. Selanjutnya, kedua pemimpin melakukan pembicaraan tete-a-tete.

Pada pertemuan kali ini, dibahas beberapa nota kesepahaman antara kedua negara. Antara lain kerja sama di bidang kelistrikan antara PLN dan PNG Power untuk memasok secara sementara listrik dari Jayapura ke Vanimo, pembukaan rute penerbangan Jayapura ke Port Moresby dan Merauke ke Port Moresby, bea cukai, dan kemaritiman. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.