Dark/Light Mode

Limbah RPH Di Jatinegara Tak Terkelola Dengan Baik

Warga Keluhkan Bau Busuk dan Pencemaran Lingkungan

Selasa, 15 Maret 2022 07:30 WIB
Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak. (Foto: Istimewa).
Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Rawa Kepiting, Jatinegara, Jakarta Timur, mengeluhkan limbah Rumah Potong Hewan (RPH) unggas yang tidak terkelola dengan baik di pemukiman mereka. Akibatnya, lingkungan tercemar kotoran, darah dan bulu hewan sehingga menimbulkan bau busuk.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengungkapkan, warga menyampaikan keluhan itu saat dirinya melakukan reses di kampung Rawa Kepiting, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, belum lama ini.

Kata Gilbert, pencemaran itu berasal dari RPH unggas. Diakuinya, pencemaran sudah mulai berkurang. Tapi tetap saja, masih mengganggu kenyamanan warga.

Baca juga : Blue Helmet Desak Kemenlu Pulangkan 9 Warga Sumut Yang Terjebak Di Ukraina

Politisi PDIP ini mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus mencari solusi atas masalah itu. Pasalnya, selain menimbulkan bau tak sedap, limbah RPH tersebut bisa menimbulkan penyakit bagi masyarakat.

“Saya kira limbah sisa hewan potong ini perlu pengolahan tersendiri,” saran Gilbert di Jakarta, kemarin.

Menindaklanjuti keluhan warga, Gilbert mengaku, sudah berkoordinasi dengan Perumda Dharma Jaya. Namun, belum ada solusi menyeluruh dari persoalan ini.

Baca juga : Wapres Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Puasa dan Lebaran Aman

“Saat ini tidak ada aturan jarak RPH dengan pemukiman. Sehingga, RPH itu betul-betul berada dekat dengan warga,” ungkapnya.

Menurut Gilbert, kondisi serupa juga terjadi di RPH Kapuk, Jakarta Barat. RPH babi ini belum menerapkan pengelolaan limbah secara baik.

Gilbert menyarankan, Pemprov merelokasi kedua RPH ini agar tak lagi mengganggu kenyamanan warga. Kedua RPH itu bisa berada dalam satu lokasi sehingga mudah mengontrol pencemarannya.

Baca juga : Malam Ini, Bajul Ijo Siap Runtuhkan Kesangaran Singo Edan

Dia berharap, seluruh RPH mampu mengelola limbahnya sendiri seperti RPH Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Di RPH itu, kotoran dan sisa jerami makanan sapi diolah menjadi pupuk kompos.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.