Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Petani Garam Rawaurip Cirebon, KSP Kawal Perbaikan Ekosistem Mangrove Dan Infrastruktur

Kamis, 7 April 2022 17:33 WIB
Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta bersama Tenaga Ahli KSP saat berkunjung dan berdialog dengan masyarakat di kawasan Tambak Garam Rakyat di Desa Rawaurip, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (7/4). (Foto: Dok. KSP)
Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta bersama Tenaga Ahli KSP saat berkunjung dan berdialog dengan masyarakat di kawasan Tambak Garam Rakyat di Desa Rawaurip, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (7/4). (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) aktif mengawal upaya perbaikan ekosistem mangrove, akses jalan yang rusak dan pendangkalan sungai akibat sedimentasi di kawasan Tambak Garam Rakyat di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Upaya perbaikan ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat petani garam yang disampaikan langsung dalam dialog bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang berkunjung ke Desa Rawaurip pada 8 Oktober 2021.

“KSP tidak hanya menampung keluhan dan aspirasi masyarakat, tapi kami juga melakukan upaya debottlenecking semua permasalahan yang menghambat kepentingan nasional. Apa yang menjadi keluhan masyarakat petani garam menjadi perhatian pemerintah,” ujar Deputi I KSP Febry Calvin Tetelepta saat melakukan kunjungan ke Desa Rawaurip, Kamis (7/4).

Baca juga : Dukung Budidaya Perikanan, KKP Kembangkan Kampung Lele Di Prabumulih

Dalam kunjungan tersebut, KSP bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat meninjau langsung kondisi jalan produksi sepanjang 3,5 km yang mengalami kerusakan.

“Jalan produksi ini penting karena dipergunakan untuk mengangkut garam rakyat dari sentra-sentra produksi. KSP akan melakukan rapat koordinasi dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk penentuan timeline perbaikan jalan, lebih cepat lebih baik sebelum musim kemarau,” lanjut Febry.

KSP juga aktif melakukan koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan lembaga terkait dalam penanganan kerusakan ekosistem mangrove. Sebelumnya, kepada Moeldoko, para petani garam mengeluhkan ancaman gagal panen akibat banjir rob.

Baca juga : Dukung Likupang Jadi Gerbang Wisata Global, PLN Kebut Pembangunan Infrastruktur Listrik

KSP bersama K/L terkait akan berkoordinasi untuk merevitalisasi 25 hektar lahan mangrove untuk mencegah abrasi air laut yang dapat merusak area tambak garam.

Guna menanggulangi potensi banjir, KSP bersama Balai Besar WIlayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung juga berkoordinasi menangani pendangkalan sungai Cimanis Bangkaderes akibat sedimentasi.

Sejumlah alat berat telah dikerahkan di aliran sungai sepanjang 700 meter. Proses pengerukan akan terus dilakukan hingga mencapai 3,5 km.

Baca juga : Dukung Kesetaraan Gender, KemenPPPA Kampanyekan Gerakan #LelakiTurutSerta

“Rangkaian kerja kolaborasi antara pemerintah, pemda dan masyarakat ini merupakan komitmen untuk melindungi dan memulihkan ekosistem pesisir dan membantu petani garam berproduksi secara maksimal sehingga meningkatkan kesejahteraan,” pungkas Febry. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.